Jalan Raya Pucangro Kalitengah Makin Parah Penuh Lumpur.
Hingga Warga Menanami Padi.

IMG-20220131-WA0012.jpg

Lamongan (Jatim) Benuanews.com.
Akibat tingginya curah hujan pada minggu lalu menyebabkan debit air tidak bisa tertampung oleh rawa dan sungai, yang mengakibatkan banjir setinggi 0,5 meter di Jalan Raya Sukodadi- Karanggeneng tepatnya Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan.

Hingga pada tanggal 31/1/2022 terpantau kondisi lalu lintas menjadi lumpuh total karena jalan raya yang dipenuhi lumpur hingga warga setempat menanami padi di tengah jalan raya.

Hal ini akibat dari usaka menanggulangi dampak banjir. Pihak Kepala
PU Bina marga Lamongan Sujarwo mengadakan pengurukan di area banjir tersebut, namun justru sebaliknya membuat jalan rusak parah karena material urukan bercampur air menjadi lumpur.

Menurut salah satu warga yang tinggal di daerah tersebut urukan sepanjang kurang lebih 1,5 km masih separuh jalan dan yang separuhnya masih terendam air, karena material urukan bercampur air menjadikan banyak jalan yang berkubang dan mengakibatkan banyaknya motor yang tergelincir ke dalam kubangan yang tidak terlihat karena masih terendam air.

Banyaknya batu yang berserakan di sepanjang jalan tersebut juga mengganggu pengguna jalan yang sedang melintas. Setelah di adakan pengurukan malah menjadi jalan raya berlumpur. Hal itu mengakibatkan roda sepeda tidak bisa berputar karena tersumbat lumpur. Berdasarkan informasi dari warga tidak hanya sepeda motor saja yang terjebak mobil juga terkena imbasnya hingga mengakibatkan kemacetan.

Kepala dinas PU Bina marga Lamongan Sujarwo mengatakan bahwa pengurukan itu di lakukan sejak Kamis 27/1/2022. “Pengurukan ini sebagai upaya penanggulangan darurat agar jalan tak semakin parah, setelah di uruk akan di padatkan dengan tandas vibro kemudian di keringkan antara 2 hingga 3 hari baru bisa di lewati” tuturnya.

“Kemarin baru saja diuruk langsung di lewati ya hancur sudah dilarang masih saja nyerobot” keluh Sujarwo.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas, maka diadakan pengalihan route. Jalan alternatif dari arah utara di lewatkan jalan kearah Maduran, sedangkan yang dari arah selatan di belokan lewat Desa Madulegi ke kiri masuk Desa padengan Ploso ke barat hingga kekuar pertigaan jalan raya Karanggeneng. (Cak Wan)

scroll to top