Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur Melalui Dinas Lingkungan Hidup Melakukan Sosialisasi Kepada Pelaku Usaha Di Kecamatan Poco Ranaka

SAVE_20201119_194519_compress38.jpg

Manggarai Timur,Benuanews.com,-Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui dinas lingkungan hidup melakukan sosialisasi kajian terhadap usaha yang memiliki Dampak Terhadap Lingkungan.kegiatan dilaksanakan dikantor kecamatan Poco Ranaka Kab. Manggarai Timur, NTT.19/11/20.
Kegiatan dihadiri oleh beberapa Kepala Desa,lurah dan aparat pemerintah yang ada di kecamatan Poco Ranaka.
Marsel Lijung, S.Km.,M.Sc.Kepala Bidang Tata Lingkungan, menjelaskan Pengkajian Dampak Lingkungan, dan Pemeliharaan Lingkungan,Kegiatan ini memiliki 2 tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.

Tujuan umum bertujuan untuk Meningkatnya Pemahaman dan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Pembangunan berwawasan lingkungan,adapun tujuan khusus bertujuan meningkatnya peran serta aktif pelaku usaha dan masyarakat dalam upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup, baik dalam bentuk tindakan pencegahan (preventive) maupun tindakan pemulihan dan yang kedua adalah untuk mengetahui kategori atau kriteria usaha atau kegiatan yang berdampak penting maupun tidak penting bagi lingkungan hidup”ucap Marsel.

Marsel Lijung, menambahkan Kita berharap semua pelaku usaha untuk mengurus dokumen lingkungan seperti Analisis Menganai Dampak Lingkungan(AMDAL), atau UKl- UPL atau SPPL untuk menciptakan kenyamanan baik terhadap pelaku usaha itu sendiri maupun terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar lokasi usaha atau kegiatan.”tutup Marsel Lijung.

Tomas Jempang pelaku usaha asal Desa Compang Wesang mengungkapkan kepada media,merasa senang dengan kegiatan sosialisasi ini apalagi kami selama ini tidak mengetahui dengan jelas tentang prosedur perijinan usaha.

Kami berharap kegiatan ini jangan sampai disini saja tetapi harus berkelanjutan terutama dalam hal pengawasan.

Sekertaris camat Poco Ranaka Heribertus D. Daus., S.Sos. dalam sambutannya kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif sekali dan ini merupakan upaya pemerintah kabupaten manggarai timur dalam memberikan perlindungan kepada para pelaku usaha dari segi Ijin, amdalnya seperti apa, dengan keadaan sosial kita seperti apa dan apalagi sekarang ini ditengah pandemi seperti sekarang ini apa upaya yang akan di lakukan untuk meningkatkan ekonomi”ujar Sekcam Poco Ranaka.

[Pankrasius Yoristo Gandung]

scroll to top