Diduga Pemdes Golo Ndele Tidak Transparan Dalam Penggunaan Dana Desa

IMG-20210216-WA0106.jpg

Manggarai Timur (benuanews.com) – Masyarakat Desa Golo Ndele, Kecamatan Kota Komba Utara Kabupaten Manggarai Timur, pertanyakan papan informasi dan transparansi penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Salah seorang tokoh, Yofantus Labut warga setempat pada awak media mengatakan bahwa masyarakat sempat datang ke kantor Desa untuk mempertanyakan papan informasi penggunaan Dana Desa, sekaligus mengetahui berapa jumlah alokasi dan penggunaan Dana Desa yang disalurkan ke Desa Golo Ndele.

“Sebagai warga masyarakat, kita punya peran untuk mengawasi serta mengetahui penggunaan DD, tahun 2020. Papan informasi pagu anggarannya juga tidak ada sama sekali, ” ungkapnya. Kamis (18/02/2021 )

Lanjut Yofantus Labut, sudah telusuri dalam sistem laporan informasi desa ( kemenDesa) ternyata sudah terpapar anggaran penyelenggaraan informasi publik desa bahwa pembuatan ( poster, Baliho,dll ) itu anggarannya sebesar 1.500.000 ,tapi realita dilapanganya baliho tidak ada.

“Pemdes tidak transparan menyampaikan laporan kepada masyarakat, dilaporan kemenDesa, semuah terealisasi tapi Faktanya sama sekali tidak benar, ” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Golo Ndele Urbanus Ndoi menjelaskan selama pencarian DD , dirinya tidak tahu, karena tidak adanya keterbukaan informasi dari Pemdes dan Bendahara.

“Sampai sekarang belum ada laporan pertanggung jawaban akhir tahun dari Kades kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD), papan informasi DD juga tidak ada, agenda rapat pun kadang BPD tidak dilibatkan oleh Kades, ” Jelasnya

Sementara itu Kades Golo Ndele, Wilibrodus Nani mengatakan terkait tidak adanya papan informasi DD, tunngu bendahara cek di APBDesa.

“Kalo soal papan informasi Pengelolaan DD tahun 2020 tunggu bendahara cek di APBDesa”, jelasnya melaui pesan WhatsApp. (Romoaldus)

scroll to top