Jalur Lubuk Basung – Palembayan Melewati Batu Kambing Rusak, Pengendara Harus Hati-Hati

Lubuk Basung (benuannews sumbar) – Jalur Lubuk Basung menuju Kecamatan Palembayan, merupakan jalur strategis yang menghubungkan tiga Kecamatan Lubuk Basung – Kecamatan Ampek Nagari dan Kecamatan Palembayan, akan tetapi pengguna jalan harus ekstra hati-hati melewati jalur tersebut karena terdapat beberapa titik mengalami kerusakan.

“Jalan ini sudah lama mengalami kerusakan dibeberapa titik, terutama di Jorong Pasa Batu Kambing, terdapat jembatan berlobang” Kata Paul SP salah seorang tokoh pemuda di Jorong Pasar Nagari Batu Kambing Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Sumatera barat, saat dihubungi beberapa waktu lalu. Senin (31/8).

Dikatakan, setiap yang melewati jalur ini setiap melewati polongan jembatan harus hati-hati, kalau tidak akan berakibat fatal, apalagi membawa kendaraan roda dua, kalau roda depan masuk lobang akan terjatuh.

Sudah banyak yang terjatuh di lokasi jembatan tersebut, pengendara sering jatuh kalau melewati jalan ini pada malam hari, karena tempat tersebut gelap dan tidak ada rambu yang mengatakan jalan rusak.

“Semenjak jembatan ini rusak, tidak terhitung yang sudah masuk dalam lobang  yang ada dijembatan ini, apalagi pengendara melewati malam hari, sudah sering terjadi kecelakaan” ujarnya.

Paul menambahkan, kalau tidak salah jalan ini sudah rusak lebih kurang 2 tahun yang lalu, dan sudah pernah dilaporkan Joron Pasar dan Walinagari Batu Kambing ke pihak Kabupaten, akan tetapi sampai saat ini belum diperbaiki.

Dilain pihak Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Agam daerah Pemilihan Ampek Nagari dan Palembayan Rizki Abdillah Fadhal menyampaikan mengingat Jalur Simpang BK menuju Koto Alam merupakan jalur strategis yang menghubungkan dua kecamatan Palembayan – Ampek Nagari menuju pusat ibukota Lubuk Basung,

Karena jalur tersebut sangat strategis dan sering dilewati kendaraan sangat berharap kepada PUTR Kabupaten Agam bisa memprioritaskan perbaikan jalan ini. Titik rusak parah yang ditemui jalan antara Sitanang – Batu Kambing. Semoga ini bisa dikerjakan juga tahun ini.

“Kita berharap untuk perbaikan jalur tersebut bisa dikerjakan pada tahun ini, kalau tidak dimasukan dalam pembahasan anggaran tahun 2021, agar jalur tersebut bisa dilalui dengan aman dan tenang” ujar Rizky.(tim).

scroll to top