Pemasangan Jembatan Sitalang – Batu Kambing Dikebut Sebelum Lebaran Idul Adha

Lubuk Basung (benua) – Pemasangan jembatan penghubung Nagari Batu Kambing dan Nagari Sitalang Kabaupaten Agam Sumatera Barat segera diselesaikan Pasca terjadinya bencana banjir Bandang yang melanda daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris daerah Kabupaten Agam Martias Wanto Saat meninjau lokasi terjadinya bencana didampingi Kalak BPBD Kabupaten Agam Muhammad Lutfi, Slasa (14/7).

Dia memerintahkan kepada kepala BPBD Kabupaten Agam supaya pembuatan jembatan selesai segera dilakukan, harus selesai sebelaum lebaran Idhul Adha 1441 Hijriah, karena jembatan tersebut merupakan penghubung dua nagari.

“kita harus segera menyelesaikan pembuatan dan pemasangan jembatan tersebut, karena ini merupakan jembatan penghubung bagi masyarakat yang berasal dari Nagari Batu Kambing dan Nagari Sitalang” ujarnya.

Sekda menambahkan, kalau jembatan ini tidak selesai sampai menjelang hari Raya Idhul Adha, sangat disayangkan karena masyarakat untuk pergi ke Sitalang akan memutar dahulu, sehingga akan memakan waktu sangat lama dan jauh.

Kalau jembatan tersebut sudah selesai dibangun akan menguntungkan bagi masyarakat yang akan melewatinya, karena tidak perlu lagi memutar atau melewati jembatan darurat yang dibangun beberapa waktu yang lalu.

“kalau masyarakat masih mempergunakan jembatan darurat, kita takut nanti akan terjadi kecelakaan pada masyarakat yang melewati jembatan tersebut” ujarnya.

Saat meninjau lokasi Sekda Kabupaten Agam didampingi Kalak BPBD Mhd. LUTFI, AR, Sekretaris BPBD Hardoni, Kabid KL Syafrizal, PUTR Kabupaten Agam, Camat Ampek Nagari, Pembuatan jembatan dan Normalisai sungai.

Selain survei dilokasi pembuatan   jembatan di Kecamatan Ampek Nagari tim juga melakukan Survey lokasi jembatan dan jalan terkikis longsor di Ampu, Nagari Lubuk Basung. (eko)

scroll to top