Forkopimda Labuhanbatu Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia

AddText_08-16-10.56.51-1.jpg

BENUANEWS.COM | Labuhanbatu, Sumut – Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2024.diruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu Kelurahan Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Jum’at (16/8/2024).

Paripurna dibuka oleh ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj. Meika Riyanti Siregar, SH, di ikuti Plt. Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar,S.Pd, MM, Kapolres Labuhanbatu AKBP Dr Bernahard L.Malau, Dandim 0209/LB, Letkol Inf Yudi Ardyan Syahputro, Kajari Labuhanbatu Dr. Marlandson Carrel Wiliem, Para Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Sekdakab Labuhanbatu, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Kaban, Ormas, OKP dan awak pers.

Meika Riyanti menyebutkan, pada hari ini Presiden RI akan menyampaikan pidato kenegaraan terkait kemerdekaan RI ke -79, “Saya berharap kepada seluruh peserta rapat paripurna mengikuti kegiatan ini dengan hikmat”. Ungkapnya.

Usai pembukaan sidang, selanjutnya para peserta paripurna mendengarkan pidato presiden RI Joko Widodo, yang mana diantaranya Joko Widodo mengatakan, tahun ini dirinya genap 10 tahun menjabat sebagai Presiden RI dan 5 tahun genap profesor kyai Haji ma’ruf Amin menjabat sebagai wakil presiden RI, “Sebuah tanggung jawab dan kepercayaan besar yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya, sebuah mandat dan amanat besar yang tidak pernah kami pikirkan sebelumnya, sejak hari pertama saya menerima amanah ini saya sangat menyadari akan ada banyak gelombang yang harus dihadapi, akan banyak tantangan yang harus diselesaikan”. Ucap Jokowi.

Tetapi dari awal saya juga yakin dan sangat percaya bahwa saya tidak sendirian. Ada cita-cita dan harapan masyarakat ada dukungan dan doa dari rakyat yang selalu mengiringi dan menguatkan senyum sapa dan doa bapak ibu saudara-saudara sebangsa setanah air semua adalah sumber kekuatan saya. Dan hari ini 16 Agustus 2024 momen terakhir saya dan profesor Ma’ruf Amin berdiri di sini, izinkan kami menyampaikan terimakasih yang tulus, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu semua, kepada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan.

Lebih lanjut ucap presiden RI, menapaki langkah demi langkah titik menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan, sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini titik yang bisa menjadi titik lontar untuk menggapai kemajuan bersama di masa yang akan datang.

Alhamdulillah selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah pondasi dan peradaban baru dengan membangun sebuah fondasi dan peradaban baru dengan pembangunan yang Indonesia sentris. Membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar, sehingga sampai saat ini kita telah membangun 366.000 KM Jalan Desa, 1,9 juta m jembatan Desa, 2,700 KM jalan tol baru, 6000 km jalan nasional 50 pelabuhan dan bandara baru, serta 43 bendungan dan 1,1 juta hektar jaringan irigasi baru, sehingga kita berhasil menurunkan biaya logistik dari sebelumnya 24% menjadi 14% di tahun 2023, sehingga kita bisa meningkatkan desain dari sebelumnya peringkat 44 menjadi peringkat 27 di tahun 2024.tegasnya.

Pada pidatonya, Presiden juga memaparkan penurunan angka kemiskinan ekstrim dan penurunan stunting, yang berdasarkan data angka kemiskinan ekstrem mampu turun dari sebelumnya 6,1% menjadi 0,8% di tahun 2024 dan angka stunting mampu dikurangi dari sebelumnya 37% menjadi 21,5% di tahun 2023 dan tingkat pengangguran juga mampu di tekan dari sebelumnya 5,7% menjadi 4,8% di tahun 2024.

Usai mendengarkan pidato presiden, para pimpinan Forkopimda Labuhanbatu melakukan foto bersama dalam agenda perayaan HUT ke- 79 RI. (*)

scroll to top