Polsek Serbalawan Amankan Aksi Unjuk Rasa Serikat Buruh di Depo PT Indomarko Prismatama Berakhir Kondusif Setelah Mediasi

IMG-20240612-WA0081.jpg

SIMLAUNGUN.BenuaNews.com – Pada hari Rabu, tanggal 12 Juni 2024, Polsek Serbalawan dan Polres Simalungun melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Federasi Transportasi, Industri Umum, dan Angkutan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KFTIA KSBSI) di Depo PT Indomarko Prismatama. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dengan apel persiapan di lokasi yang dipimpin oleh Kapolsek Serbalawan, AKP Syamsul Bahri Dalimunte, S.H., M.H., dan Kasat Samapta, AKP L.S. Gultom, sesuai Surat Perintah Kapolres Simalungun nomor: Sprin/599/VI/OPS. 4.5/2024 tanggal 11 Juni 2024.

Pada pukul 09.15 WIB, massa dari KFTIA KSBSI yang berjumlah sekitar 50 orang tiba di depan gerbang Depo PT Indomarko Prismatama di Jln Medan, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. Massa yang dikoordinir oleh Mawari Gultom melakukan orasi, menyampaikan dua tuntutan utama: menolak keras keputusan PT Indomarko Prismatama yang melarang aktivitas bongkar muat oleh anggota PK FTA KSBSI Unit Bongkar Muat Kec. Tapian Dolok sejak 31 Agustus 2022, dan meminta agar PT Indomarko Prismatama mempekerjakan kembali anggota mereka untuk bekerja bersama serikat buruh lainnya.

Sekitar pukul 10.30 WIB, Polres Simalungun memfasilitasi mediasi untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Mediasi diikuti oleh perwakilan PT Indomarko Prismatama, Andi (Manager Legal Lisessi), Ketua PK FTA KSBSI Simalungun, Mawari Gultom, Ketua FTA SBSI Simalungun, Ramlan Sinaga, dan Kapolsek Serbalawan, AKP Syamsul Dalimunte.

Hasil mediasi menghasilkan kesepakatan bahwa kedua serikat buruh tersebut akan berbagi pekerjaan bongkar muat di dalam perusahaan Depo PT Indomarko Prismatama. Dengan adanya kesepakatan ini, aksi unjuk rasa berakhir pada pukul 13.30 WIB dan berlangsung kondusif.

Jumlah personil pengamanan yang terlibat dalam aksi ini adalah 40 personil dari Polres Simalungun dan beberapa Polsek sekitar. Aksi yang awalnya direncanakan berlangsung selama 4 hari berturut-turut ini berakhir lebih cepat setelah tercapainya kesepakatan melalui mediasi. Setelah pelaksanaan pengamanan, kegiatan dilanjutkan dengan apel konsolidasi yang dipimpin oleh AKP Syamsul Bahri Dalimunte, S.H., M.H.

Reporter ;
Dedi Sinaga

scroll to top