Pengabdian Masyarakat LP2M UNP Dapat Apresiasi Dari Bupati Dan Ketua DPRD Agam

IMG-20210929-WA0024.jpg

Agam (benuanews.com) Bupati Agam Dr Andri Warman, MM Bersama Ketua Dprd Agam Dr Novi Irwan, S.Pd, MM memberikan Apresiasi kepada Pengabdian Masyarakat LP2M UNP Di Kenagarian Kamang Mudiak

Sebelumnya, Tim pengabdian masyarakat dari LP2M UNP sudah mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam selama tahun 2021 sebanyak 4 kali kegiatan.

Pada Pelatihan pertama di MTI Tarusan, kedua, di YTI Kampung Baru, ketiga Kelompok Mahasiswa dan keempat anggota Tim Penggerak PKK Kamang Mudiak.

Pengabdian ini terkait dengan pelatihan keterampilan souvenir wisata berbasis human center.
pelatihan keterampilan pembuatan sandal berbasis wisata bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kamang Mudiak yang diketuai oleh Dra. Nini Sunarti. Pada Sabtu dan Minggu (11 s.d 12 September 2021)

Pelatihan ini diikuti sebanyak 50 peserta yang dibuka oleh bupati Agam Dr. Andri Warman MM yang dalam sambutannya menyatakan
Sangat mengapresiasi pelatihan yang diadakan oleh tim pengabdian masyarakat LP2M UNP kerjasama dengan tim penggerak PKK nagari Kamang Mudiak. Yang kedua sangat mengharapkan hasil pelatihan dapat diwujudkan secara dalam untuk meningkatkan ekonomi keluarga,

Harapan kepada mereka sukses dalam berwirasaha dengan membawa motto BA T yang artinya harus Banyak Aka dan Tageh.
Harus memiliki daya juang tinggi dan pantang menyerah.

Untuk itu, pemerintah akan membantu masyarakat yang mau berwirausaha dengan kemudahan mendapatkan modal dan kemudahan pemasaran produk, salah satunya kerjasama dengan Dinas Koperasi, industri dan Perdagangan.

Dalam waktu dekat mengirim Kepala Dinas Koperindag untuk memberikan pencerahan kepada peserta pelatihan khususnya tentang pemasaran dan pemodalan.

Selanjutnya sambutan Rektor UNP yang diwakili oleh Sekretaris LP2M UNP Dr. Anton Khomeini, M. Pd menyatakan Kepada bupati Agam, Andri Warman, ketua Dprd Agam Novi Irwan, Camat Kamang Magek, walinagari Kamang Mudiak, Tim penggerak PKK,
Ketua tim pengabdian Dr. Khairani M. Pd.ucapan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan keterampilan kewirausahaan di nagari Kamang Mudiak.

UNP akan terus menerus melaksanakan pengabdian ditengah-tengah masyarakat tentang berbagai bidang kegiatan dan untuk Kabupaten Agam sebanyak 25 kegiatan dengan biaya 640 juta rupiah yang tersebar pada beberapa nagari nagari yang ada di Kabupaten Agam.

Sementara itu, sambutan Walinagari Kamang Mudiak
Sangat mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang diberikan LP2M UNP dengan harapan masyarakat Kamang Mudiak dapat memanfaatkan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Serta harapan kepada pemerintah agar peserta yang mengikuti program pelatihan dapat disuport dengan modal dan kemudahan pemasaran produk.

Dan juga harapan kepada peserta pelatihan untuk dapat memanfaatkan ketrampilan yang dimiliki untuk bisa berwirausaha dengan melibatkan anggota keluarga.

Selanjutnya Camat Kamang Magek Rio Eka Putra dalam sambutannya mengharapkan peserta pelatihan benar benar memanfaatkan ketrampilan yang didapatkan untuk berwirausaha dalam keluarga dan mengajak anggota keluarga untuk berwirausaha untuk bisa mandiri dan mudah mudahan jadi keluarga yang mandiri.

Lebih jauh ketua Tim Penggerak PKK nagari kamang mudiak dalam sambutannya menjelaskan sangat berterima kasih kepada tim pengabdian masyarakat LP2M UNP, semoga pelatihan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya anggota Tim Penggerak PKK Kamang Mudiak.

Senada, Ketua tim pengabdi LP2M UNP untuk nagari Kamang Mudiak Dr. Khairani. M. Pd. menjelaskan
Pengabdian di Kamang Mudiak dengan materi pelatihan ketrampilan souvenir wisata berbasis human center (berbasis potensi masyarakat) bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui memanfaatkan peluang kerja dengan keterampilan yang dimiliki khususnya souvenir nuansa wisata seperti pembuatan miniatur objek wisata, sablon nuansa wisata dan hasil kerajinan berbasis wisata.

Pelatihan yang diberikan pada tanggal 11 sd 12 september 2021 dengan peserta dari anggota Tim Pengerak PKK Kamang Mudiak sebanyak 50 orang dengan harapan untuk bisa meningkatkan ekonomi keluarga sekaligus bisa membina anak dalam berwirausaha.

Sebelumnya juga sudah diberikan pelatihan keterampilan kewirausahaan untuk mahasiswa yang berasal dari Kamang Mudiak yang kuliah di berbagai perguruan tinggi sebanyak 25 orang, siswa MA/MTs MTI Tarusan sebanyak 40 orang, siswa MA Yati Kampuang baru sebanyak 30 orang dengan materi ketrampilan souvenir wisata dan sablon berbasis wisata.

Tak ketinggalan Ketua DPRD Agam Dr. Novi Irwan,S.Pd. MM yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pengalaman kewirausahaan diberikan kepada anak mulai usia dini. Anak anak yang diberikan pengalaman wirausaha dapat memupuk kecerdasan kreatifitas, kecerdasan daya juang dan kecerdasan emosional.

Orang yang berwirausaha berupaya berbuat yang terbaik dengan melakukan prilaku terbaik supaya wirausahanya laris dan berusaha untuk berbuat yang terbaik dan menyenangkan untuk mancari langganan sebanyak mungkin. Dengan ini terpupuk rasa berwirausaha yang menyenangkan dan akan sukses di mana-mana”, papar Novi Irwan.

Editor : Isnel Eko

sumber : Humas Dprd Agam

scroll to top