HILAL BERHASIL TAK TERLIHAT DI PAI TEGAL

https://Benuanews.com-
TEGAL-(20/03/2023) telah dilakukan Rukyatul Hilal di Pantai Alam Indah Tegal penentuan awal bulan Syawal 1444 H oleh Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Tegal dan Kementerian Agama Kabupaten Tegal.
Posisi hilal dipaparkan oleh KH.Bahroni selaku

__ . Ijtima’ /konjungsi terjadi pada hari Kamis, 20 April 2023 jam 11:25 WIB yang mana bertepatan dengan Gerhana Matahari, posisi Matahari saat terbenam berada pada 11° 29′ Utara dari Titik Barat, sedangkan Azimuth hilal 13° 1′ Utara dari Titik Barat.
Sehingga berdasarkan hisab, hilal berada di Utara Matahari dengan tinggi mar’i 1° 48′, mukuts ( lama hilal diatas ufuk sejak Matahari terbenam) 27 menit, serta ketebalan cahaya hilal 1/10 usbu’.
“Rukyatul hilal sore ini jika merujuk kriteria Imkanur Rukyat Neo-MABIMS dengan tinggi minimal 3° dan elongasi 6,4° maka kondisi hilal saat ini belum memenuhi kriteria, namun melaksanakan Rukyatul hilal pada 29 Ramadan merupakan sebuah syariat yang harus tetap dilaksanakan.” Pungkas KH.Bahroni.
Hasil Rukyatul Hilal di Pantai Alam Indah Kota Tegal, dinyatakan HILAL BERHASIL TAK TERLIHAT dikarenakan faktor tertutup mendung dan tebalnya awan di ufuk Barat.
(AD)

scroll to top