Kepala BPBD Sebut, Kabupaten Siak Saat ini Nol Titik Api

IMG-20240805-WA0077.jpg

Siak, Benua news com : Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Siak Herianto menyampaikan pasca turunya hujan beberapa waktu lalu yang terjadi di sejumlah wilayah di kabupaten Siak, saat ini Siak nol hot spot atau titik api.

“Hujan yang terjadi di beberapa wilayah kabupaten Siak, tiga hari terakhir, sangat membantu pemadaman titik api di sejumlah kecamatan di kabupaten Siak,” sebut dia, saat dihubungi, senin (5/8/2024).

Meskipun demikian, pihaknya bersama tim Karhutla kabupaten tetap siap siaga satu sambil memantau dan berkoordinasi lintas sektor, terutama kepada kampung dan kecamatan yang rawan terjadinya Karhutla.

“Terakhir kita memadamkan Karhutla di km 7 jalan lurus arah dayun, ada 10 hektar yang terbakar, namun saat ini, sedang dilakukan pendinginan,” kata dia

Ia menjelaskan cuaca panas ekstrim seperti saat ini, lahan gambut mudah sekali terbakar. Eri menghimbau masyarakat yang pergi ke kebun dilarang membuang puntung rokok sembarangan.

“Kami minta warga, tidak membakar lahan, apa lagi membuang puntung rokok sembarangan. Kalau terbakar kita semua repot, mari kita sama-sama menjaga dan berdoa, semoga kabupaten Siak terus diguyur hutan,” ringkasnya.

(Agus zega/infotorial)

scroll to top