TNI Peduli, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Gelar Yankes Keliling di Kampung Tatakra Wilayah Perbatasan RI-PNG

IMG-20211116-WA0008.jpg

KEEROM, benuanews.com– Kepedulian TNI di bidang kesehatan ditengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat yang berada di wilayah perbatasan sudah dirasakan secara nyata dengan wujud kegiatan pelayanan kesehatan yang digelar secara cuma-cuma oleh aparat TNI dalam kesempatan ini melalui Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista yang kembali menggelar kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di Kampung Tatakra, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa, (16/11/2021).

Dansatgas menuturkan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan kali ini dilaksanakan oleh personil kesehatan Satgas dari Pos Tatakra, selain bekerjasama dengan aparatur kampung setempat melalui pendataan warga yang sedang mengalami sakit, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista juga menggandeng Puskesmas Distrik Web untuk memperoleh dukungan obat-obatan dalam rangka memperlancar kegiatan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan yang digelar ini.

“Bakti sosial ini merupakan wujud kepedulian pemerintah melalui TNI dan instansi kesehatan pemerintah setempat, hadir ditengah-tengah masyarakat dalam rangka membantu kehidupan masyarakat khususnya masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan pengobatan sehingga diharapkan dapat segera sembuh dari sakit yang dideritanya,” tutur Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Tatakra Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Triyanto yang menyampaikan secara langsung bahwa kegiatan bakti sosial kesehatan ini mendapat perhatian khusus dari masyarakat, metode pelayanan kesehatan kali ini yaitu dilaksanakan dengan cara berkeliling kampung dari rumah kerumah dan memberikan pengobatan secara gratis kepada masyarakat.

“Selain mendapat dukungan obat-obatan dari Puskesmas Distrik Web, kami juga telah menyiapkan beberapa macam obat-obatan mulai dari vitamin sampai dengan obat penyembuh luka dan obat malaria untuk warga kampung Tatakra, mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam mengatasi kesulitan masyarakat apalagi dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ujar Triyanto.

“Menurut Tamtama Kesehatan kami Kopda Fajar mengatakan berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, rata-rata warga mengalami linu-linu pada setiap persendiannya karena faktor umur dan pola hidup serta beberapa ada yang flu disertai batuk-batuk,” tambah Triyanto.

“Selain memberikan obat, kami juga memberikan vitamin kepada masyarakat setempat dan tidak lupa mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan dalam rangka meraih pola hidup sehat,” tutup Triyanto.

Sementara itu, salah satu masyarakat Kampung Tatakra Bapak Nico (56) mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI Pos Tatakra yang sudah membantu masyarakat dengan memberikan pengobatan dan pelayanan kesehatan secara gratis, karena sebelumnya masyarakat Kampung Tatakra masih membudidayakan pengobatan secara tradisional yang untuk beberapa penyakit tertentu proses penyembuhannya memakan waktu cukup lama.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI Pos Tatakra yang sudah bantu kasih obat dan pelayanan kesehatan kepada kami, karena kami masyarakat sebagian besar tidak punya uang untuk berobat jadi masyarakat kami mengobati sakit dengan pengobatan tradisional yang lama penyembuhannya,” ucap Nico. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP)

scroll to top