Tingkatkan Populasi Sapi, Pemkab Purwakarta Utamakan Progam Inseminasi Buatan

IMG-20201215-WA0000.jpg

PURWAKARTA (benuanews.com) — Membuahkan hasil yang memuaskan dalam progam ini sebagai upaya yang harus ditingkatkan populasi sapi sebagai komitmen kemajuan peternakan yang ada di kabupaten Purwakarta.

Komitmen ini disampaikan oleh Bupati dan wakil Bupati Purwakarta dalam kegiatan panen anak sapi di Pasar Hewan Ciwareng, kecamatan Babakan Cikao (14/12).

Bagi Pemerintah Kabupaten Purwakarta, program Inseminasi Buatan ini ‎sangat efektif, baik secara kuantitas maupun kualitas hewan sapi yang dihasilkannya. Tahun lalu, produksi anak sapi itu di angka 1.000 ekor, tahun ini dapat 1.200 ekor. Artinya, dengan IB ini produktifitasnya terus meningkat.

Anne Ratna Mustika selaku Bupati Purwakarta menyampaikan laporan target mengenai keberhasilannya tahun ini dalam peningkatan populasi sapi.

“Dengan terbentuknya SPIB (Satuan Pelayanan Inseminasi Buatan) di 17 kecamatan, alhamdulillah pada tahun ini angka kelahiran sapi sudah sesuai target bahkan lebih dari yang ditargetkan. Yaitu 1200 kelahiran anak sapi atau pedet yang ditargetkan hari ini.” Ucap Anne.

Apresiasi pun disampai oleh Wakil Bupati Purwakarta bahwa ini sebagai langkah nyata untuk peternakan Purwakarta yang visioner dan bermanfaat bagi masyarakat

“Progam ini tercipta dengan luar biasa untuk itu saya memberikan apresiasi kepada para peternak dan para inseminator di lingkungan Kabupaten Purwakarta” Tegas H. Aming.

Kedepannya, progam ini mampu dapat melakukan kebutuhan masyarakat Purwakarta, lalu dapat menyuplai daging sapi dalam perkembangan perekonomiaan. Tentunya pelaksanaan progam ini sebagai tujuan untuk kemandirian bangsa. (Ridhwan)

scroll to top