Sepekan Lebih Tidak Hadir Mengajar
Kadisdikbud Ambil Tindakan

IMG-20220203-WA0006.jpg

Pasaman Barat | Benuanews.com – Setelah diberlakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) Tatap Muka pada tahun pelajaran 2021/2022 di Semester 2 ini, hendaknya PBM tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Namun, tidak demikian dengan yang dijalankan oleh para siswa SMP N 4 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.

Bukannya belajar, para siswa sekolah tersebut justru sibuk bermain di luar kelas saat jam pelajaran. Kondisi ini terjadi karena menurut warga sekitar dan para orangtua murid, kepala sekolah dan para guru sekolah itu tidak hadir mengajar sudah sepekan terakhir.

Menyikapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat, Agusli menyesalkan kejadian tersebut. Ia berjanji segera menyelesaikan masalah itu.

Pada Rabu (2/2/2022) Plt Kadisdikbud Pasbar, Agusli mengutus Kepala Bidang SMP dan Pramuka bersama Pengawas Sekolah turun langsung ke Lokasi sekolah untuk melakukan penelusuran dan peninjauan. Dari peninjauan itu didapatkan informasi memang benar tidak ada PBM Tatap muka selama lebih sepekan terakhir.

“Dalam kesepatan peninjauan yang kita lakukan itu, komite beserta perwakilan wali murid dan dihadiri langsung oleh pengawas melakukan rapat di SMP N 4 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Dari hasil rapat tersebut disepakati bahwa mulai besok Kamis, 3 Februari 2022 PBM Tatap muka akan berjalan normal kembali,” ungkap Agusli.

Pemerintah Daerah lanjutnya, akan segera mengevaluasi dan mengambil tindakan untuk memanggil Kepala sekolah dan para guru, dan menanyakan apa alasan mereka tidak hadir mengajar ke sekolah.

“Perlu kita buatkan berita acara terhadap Kepala Sekolah dan guru yang bertindak melanggar aturan ini. Akan kita beri sanksi dan pembinaan terhadap ASN yang melakukan kesalahan ini,” tegas Agusli.

Ia berharap, kedepan agar kejadian ini tidak terulang kembali dan meminta kepada pengawas agar memantau lebih intensif pelaksanaan PBM di semua sekolah di Pasbar.

Kadisdikbud Pasbar Agusli juga berpesan, kepada seluruh guru di Kabupaten Pasaman Barat, untuk mengedepankan jiwa keikhlasan dalam melaksanakan tugas. Apalagi mendidik merupakan salah satu tugas yang sangat mulia.
(Saipen Kasri)

scroll to top