Pilwanag Nagari “SITAPA ” Aria Guswara Peroleh Nomor Urut 3 

IMG-20220511-WA0027.jpg

Limapuluh Kota , – Benuanews.com Pesta demokrasi pemilihan Walinagari (Pilwanag) di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota memasuki tahap penetapan calon dan penentuan nomor urut calon Walinagari.

Khusus Pilwanag untuk Nagari Sikabu-kabu Tanjungharo Padangpanjang (Sitapa), Kecamatan Luak, telah dilaksanakan tahapan penetapan calon dan penentuan nomor urut calon Walinagari yang berlangsung di kantor Walinagari setempat, Rabu (11/5/2022).

Ada yang menarik di balik prosesi penetapan calon dan penentuan nomor urut calon Walinagari Sitapa tersebut. Pasalnya, satu dari lima calon yang sudah ditetapkan nomor urutnya, muncul satu tokoh muda putra asli nagari setempat bernama Aria Gusman dimana kiprah dan ketokohannya sudah sangat teruji dan punya pergaulan luas dengan banyak tokoh-tokoh hebat di Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, red) termasuk dikalangan elit politik, baik yang duduk di lembaga DPR-RI, DPRD Sumbar dan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketika diwawancarai awak media usai melaksanakan tahapan penetapan calon dan penentuan nomor urut calon, sosok anak muda nomor urut 3 yang nota bene juga seorang jurnalis di Luak Limopuluah dan digadang-gadang berpeluang besar untuk menang pada Pilwanag Sitapa mengungkapkan, jika masyarakat memberikan amanah ke pundaknya sebagai Walinagari Sitapa, Aria Gusman bertekad akan meningkatkan kembali fungsi kelembagaan niniak mamak mulai dari Ikatan Pemangku Adat (IPA) dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) serta fungsi pemangku adat di tengah masyarakat karena niniak mamak adalah yang punya nagari. 

“ Pepatah Minang menyebutkan bahwa, elok nagari dek pangulu, rancak kampuang dek nan tuo. Nah, itulah pentingnya lembaga ninik mamak dan pemangku adat harus difungsikan,” ujar Aria Gusman. 

Tak hanya itu, ulas Aria Gusman, untuk membangkitan ekonomi masyarakat, pemerintah nagari akan mengaktifkan kembali Gabukan Kelompok Tani (Gapoktan) dan kelompok tani.

“ Gapoktan dan kelompok tani inilah yang akan menjadi pengerak ekonomi masyarakat di Nagari Sitapa,” ungkap Aria Gusman.

Menurut Aria Gusman, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan majukan bidang pendidikan pemerintahan nagari Sitapa akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di nagari.

“ Peningkatan SDM anak nagari ini juga sangat penting, karena ini menyangkut masa depan dan generasi anak nagari,” kata Aria Gusman.
   
Disamping itu, ulas Aria Gusman, peranan para pemuda juga tidak boleh diabaikan, karena ada istilah di Minangkabau rancak tapian dek nan mudo.

Diakui Aria Gusman, jika nanti dia diberi amanah menjadi Walinagari, secara detil rencana dan program pembangunan Sitapa untuk 5 tahun ke depan, telah tertuang dalam Visi-Misi yang nantinya akan dibeberkan secara gamblang dihadapan masyarakat pada sesi debat calon Walinagari yang akan digelar waktu dekat ini.

“Sebagai komitmen mendukung program Pemkab Limapuluh Kota di bawah kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri, selama kepemimpinan Aria Agusman minimal akan mendirikan satu rumah tafis quran di Nagari Sitapa. Termasuk akan melanjutkan program pembangunan yang telah dilaksanakan mantan Walinagari, Maskar, M Dt Pobo, yang telah banyak membawa probahan terhadap pembangunan nagari,” pungkas Aria Gusman. (Julian )
 

scroll to top