Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Agam Dibuka Kembali Dengan Layanan 100 Orang

misran.jpeg

Lubuk Basung (benuanews sumbar) — Satu hari terhenti pelayanan Dukcapil Pasca terkendalanya jaringan internet, mulai besok pelayanan sudah buka kembali berkat kerja sama pihak Dinas Dukcapil dengan telkomsel.

“Besok pelayanan sudah bisa dilakukan kepada masyarakat, setelah kita melaporkan kejadian gangguan internet kepada Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri” kata Misran Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Agam, didampingi Sekretaris Dinas Nilawati, SH. Senin (21/9).

Dia menyampaikan, satu harii terjadi gangguan terhadap jaringan internet Dukcapil, paska terjadinya Tower tumbang yang menimba kabel jaringan, sehingga terhenti pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Perbaikan jaringan yang dilakukan, pihak Telkom cabang Lubuk Basung, Kominfo dan tim teknis dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Agam, setelah dilaporkan kepada pihak Dukcapil Propinsi dan Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri.

Saat ini jaringan internet pelayanan sudah aktif kembali tampa menggunakan tower , akan tetapi menggunakan kabel optik yang disiapkan pihak telkomsel, langsung tanpa menggunakan tower.

Misran juga menyampaikan kepada masyarakat, karena Kabupaten Agam masuk dalam zona merah COVID 19, pelayanan kepada masyarakat biasanya mencapai 250 orang, dilayani berkas administrasi kependudukannya, mulai besok Dinas kependudukan catatan sipil akan mengurangi jumlah orang yang akan dilayani.

“Dalam kondisi Covid 19, saat ini kita hanya akan melayani jumlah orang hanya sebanyak 100 orang dengan rincian untuk pelayanan Kartu Tanda penduduk sebanyak 50 orang dan pelayanan Administrasi lainnya sebanyak 50 orang” ujarnya.

Diharapkan kepada masyarakat datang ke Kantor Dukcapil, jangan melebihi daftar yang sudah ditetapkan, karena pelayanan dilakukan selama pandemi hanya sebanyak 100 orang, untuk mengurangi perkumpulan masa demi keselamatan bersama dan memutus mata rantai COVID 19.

Supaya masyarakat terlayani dengan baik, dihimbau kepada masyarakat yang akan melakukan pengurusan administrasi kependukan terlebih dahulu melakukan pendaftaran administrasi melalui Whatsapp atau yang disebut pelayanan SMS GATEWAY dengan nomor 082169111221, dukcapil akan membalas sms tersebut.

“Dengan adanya pelayanan melalui Gateway, masyarakat harus datang pada hari dan tanggal yang ditetapkan pihak Dinas Dukcapil, karena untuk menghindari kerumunan masa” ujarnya.(eko)

scroll to top