BPBD Tangani Pasca Banjir dan Longsor Melanda Kabupaten Agam Akibat Curah Hujan Tinggi

IMG-20200905-WA0019.jpg

Lubuk Basung (Benuanews.com)- Pasca hujan berintensitas tinggi sepanjang hari  Jum’at (4/09/ 2020) di wilayah Agam Bahagian Barat, mengakibatkan kejadian bencana alam pada kecamatan Lubuk Basung dan Tanjung Raya

Tererjadinya banjir diseputaran wilayah padang baru dan simpang tiga yang disebabkan oleh debet air yg tidak tertampung oleh drainase serta banyaknya material sampah/tanah yang menutupi polongan air.

Dalam keadaan hujan deras BPBD Agam yang dipimpin Kalaksa BPBD Agam Mhd. Lutfi, SH, M.Si didampingi kabid Kl serta Satgas TRC PB BPBD Agam turun lansung membersihkan material-material yang menghalangi arus air ke dalam selokan.

Pada hari yang sama Handria Asmi, S.STP, M.Si Camat Tanjung Raya mengatakan Pada jumat Sore (4/9/20) telah terjadi bencana tanah longsor di Jorong Mudiak, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya. Material Longsor menutupi akses jalan sebanyak 5 titik pada Jalan alternatif penghubung antara Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya dengan Nagari Baringgin Kecamatan Palembayan.


Karena kondisi masih hujan sampai dengan malam, untuk penanganan bencana tanah longsor ini dilakukan pada Sabtu Pagi (5/9/20) Satgas TRC BPBD Agam yg dipimpin Kabid KL Syafrizal, SH. MH bersama Camat Tanjung Raya, TNI, Nagari, KSB, Jorong dan Masyarakat kedua nagari melakukan Gotong Royong untuk pembersihan material tanah longsor serta kayu-kayu yang menutupi akses jalan tersebut ungkap Kabit KL Syafrizal, SH.

Camat Tanjung Raya menyampaikan  Semoga jalan ini dapat cepat dilalui oleh masyarakat karena jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat dari maninjau ke palembayan dan sebaliknya.

scroll to top