Masyarakat Menggelar Kirab Budaya dan Sedekah Hasil Bumi dan Bupati Cak Toriq Hadir

IMG-20220925-WA0167.jpg

Lumajang,Benua News.com-Berbagai atraksi seni budaya yang ada di Desa Darungan Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, mulai dari seni tari Sajojo, Reog, jaran Kencak dan seni kreasi baru ikut memeriahkan acara, maka tidak heran kirab budaya yang dimulai dari utara perbatasan hingga finish simpang empat selatan sempat memacetkan arus jalan mulai dari pukul 14:00 WIB sampai pukul 17 WIB.minggu 25/9/2022.

Foto Benua News.com


Kepala Desa Darungan Eko Nurhadi mengungkapkan, kirab budaya ini digelar untuk mengangkat hasil tani warga masyarakat bahwa warga Desa Darungan sangat bersyukur atas keberhasilanya panen padi ketan sehingga tahun ini kita adakan kirab budaya kemudian Jajanan yang berbentuk khas beras ketan, sehingga patut untuk terus dilestarikan,” ungkap Eko.

Peserta Kirab menurut Eko Nurhadi sebanyak 12 grup kirab budaya ini merupakan rangkaian kegiatan Disbudpar Kota Lumajang yang dihadiri oleh Ibu Yuli Harismawati,Sp. seusai menggelar ruwatan dan malamnya digelar wayang semalam suntuk dengan dalang Ki Febri Purwanto Pitek.

Foto Benua News.com


Melihat animo masyarakat yang bagus dengan adanya kegiatan ini. Eko mengatakan, insaAllah akan mengadakan secara rutin tahunan sehingga kedepan Desa Darungan semakin dikenal diseluruh pelosok nusantara,”imbuhnya.

Setiap warga dari masing masing RT dan RW berupaya menampilkan kreativitasnya mulai dari kostum yang dipakai hingga yel-yel khasnya.

Sorak semangat terdengar riuh dijalan perbatasan antara Desa Darungan Dengan Desa Sukorejo dimana warga berkumpul dan saling beradu yel-yel di iringi sound sistem mereka beradu lantang dengan lagu pilihanya.

Sementara sesi utama adalah adu cantik sejumlah gunungan tumpeng yang terbuat dari buah buahan,sayuran,dan palawija. peserta merangkai tumpeng tersebut sekreatif mungkin dengan berbagai karakter seperti melambangkan pemerintahan Desa Darungan bahwa Kepala Desa yang sekarang adalah generasi yang ke empat,”ucap Adi Sucipto.

H.Agus Dwi sebagai ketua panitia acara tersebut menyampaikan, sedekah bumi merupakan keinginan setiap warga.oleh karena itu,warga sangat antusias mengikuti gelar kirab budaya ini sekaligus dengan ketrampilan untuk membuat makanan khas yang terbuat murni dari beras ketan,”sebut ketua panitia.

Kegiatan Kirab budaya yang ada di Desa Darungan juga dihadiri oleh Bupati Lumajang H.Thoriqul Haq.S,Ag MML.atau biasa disebut Cak Thoriq serta Camat Yosowilangun Agni A Megatrah dan seluruh Kepala Desa sekecamatan Yosowilangun serta ke amanan dari Polri-TNI, Dishub,Satpol-PP juga dibantu oleh Satgas Keamanan Desa (SKD)acara berlangsung lancar kondusif aman dan terkendali.

Terpisah, Camat Yosowilangun juga berikan aspirasi kepada masyarakat bahwa dengan hasil panen tahun ini cukup lumayan terutamanya dengan hasil ketan yang ada di Desa Darungan ini sangat menjanjikan dan masyarakat antusias sekali, maka dari itu Kepala Desa Darungan mengadakan kirab budaya dan makanan khas yang terbuat dari beras ketan,”imbuhnya.

Acara akan diakhiri oleh kesenian wayang kulit.semoga, dalam rangkaian acara ini benar benar menguatkan kebersamaan dan lebih baik lagi ke depanya.

Star

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top