Mahasiswa KKN Kunjungi Situs Sejarah Lubang Jepang di Banda Gadang, Nanggalo Padang

IMG-20220808-WA0033-1.jpg

Padang, Benuanews.com,- Universitas Tamansiswa Padang mengadakan kuliah kerja nyata (KKN) yang dilaksanakan dari tanggal 12 Juli sampai dengan 20 Agustus 2022.

Kegiatan ini bersifat wajib bagi mahasiswa semester VI dan pelaksanaan (KKN) di Kelurahan Tabing Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Kegiatan KKN ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membantu kegiatan masyarakat di suatu daerah tertentu dalam hal kegiatan sehari-hari dalam berbagai bidang. KKN ini bertujuan untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai jurusan  maupun bidang yang  berbeda dengan masing-masing ilmu dan keahlian yang dimiliki.

“Mahasiswa KKN Universitas Tamsis mengunjungi salah satu peninggalan zaman penjajahan yaitu Lobang Jepang yang ada di Kampung Lereng, Kelurahan Tabing Banda Gadang, Kec. Nanggalo,” jelas Sekretaris Lurah Tabing, Banda Gadang Andi didamping Ema Ketua RT 02/RW 05 bersama warga sekitar.

Andi menjelaskan tujuan KKK ini agar kita tau kalau di kota padang masih ada peninggalan bersejarah yaitu “Lubang Jepang” sebagai kearifan lokal kampung tematik yang ada di daerah Kampung Lereng Kota padang. Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun tentara Jepang untuk kepentingan pertahanan. dengan adanya lobang jepang ini bisa menjadikan sebagai ladang ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Manfaatnya bagi KKN yaitu dapat memberikan informasi terbaru atas adanya peninggalan bersejarah di kota padang yaitu berupa peninggalan bersejarah Lobang Jepang dan peninggalan bersejarah ini tidak hanya ada di kota Bukittinggi saja.

“Mahasiswa KKN UNITAS Padang ingin mengajak masyarakat agar ikut serta melestarikan peninggalan bersejarah yang ada di daerah kita sendiri” kata dari Anggota KKN Tabing Banda Gadang.

(Budenk)

scroll to top