Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Merangin,Tekankan Kepala Sekolah Dan Guru Tetap Semangat Dalam Mendidik Siswa

IMG-20211118-WA0003.jpg

MERANGIN.(Benuanews.com)-Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Nasution S.Pd ME Merangin kembali melakukan kunjungan kesekolah. Kali ini, dengan agenda yang berbeda. Yang mana, Kadikbud Merangin menghadiri undangan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) wilayah 2 Tabir di SMP 18 Merangin Kecamatan Tabir Ilir.

Pantauan dilapangan, Nasution yang tiba di sekolah tersebut langsung disambut anak didik didepan pintu gerbang. Secara spontan, orang nomor satu dijajaran Dikbud Merangin itu langsung mengucapkan salam pendidikan dengan mengepalkan tangan sebagai tanda semangat.

Ucapan salam pendidikan ternyata langsung dibalas siswa dengan sebutan salam. Kemudian, dilanjutkan Kadis dengan ucapan  pendidikan, dan siswa pun membalas dengan sebutan Yes. Suasana salam pendidikan ini pun menggema di sekolah setempat.

Tidak berhenti sampai disitu, Nasution juga disambut tarian adat dan rebana oleh siswa siswi SMP Negeri 18 Merangin.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Merangin Nasution mengatakan, kehadirannya di MKKS wilayah Tabir 2  sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antara dirinya dan kepala sekolah.

Menurutnya, kehadiran nya di perkumpulan kepala sekolah itu juga untuk mengenalkan dirinya pasca dilantik sebulan yang lalu.

“Tidak hanya bertatap muka, program pendidikan kedepan kita sampaikan disini,”katanya.

Dihadapan MKKS tersebut ia menjelaskan, bahwa selama ia menjabat akan mempergunakan waktunya untuk dunia pendidikan Merangin. Bahkan diakui Nasution, dirinya lebih banyak turun kelapangan dibanding berdiam diri dikantor.

“60 persen saya gunakan waktu saya turun kelapangan. Sedangkan 40 persennya dikantor. Bukan tanpa alasan, saya turun kelapangan ingin mendengar keluh kesah sekolah soal pendidikan yang kita hadapi saat ini,”jelasnya.

Diforum MKKS ini Nasution juga menyampaikan, soal sarana dan prasarana pendidikan yang masih banyak ditemukan dirinya jauh dari kata layak. Seperti ruang belajar, MCK, Mobiler, pagar, dan lain sebagainya.

“Kalau soal bantuan sapras, kita usahakan sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada,Tapi kuncinya dapodik harus valid. Karena, pemerintah akan membantu jika dapodik nya akurat, Begitu juga dengan dana APBD, sekolah harus masuk kedalam renja, mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, dan Kabupaten,”tuturnya.

“Kalau dapodik tidak valid, sekolah itu tidak masuk renja, maka sekolah tidak bisa mendapatkan bantuan,”tambahnya.

Disamping itu, Nasution juga menekankan agar kepala sekolah dan guru tetap semangat dalam mendidik siswa disekolah.

“Jangan bermalas malasan harus semangat, Kita harus ikhlas mendidik anak Karena ini menyangkut masa depan daerah, Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting maka buat lah inovasi didunia pendidikan karena daerah akan maju apabila SDM nya bagus,”pungkasnya. (Ran)

scroll to top