Anak Muda Jangan Malu Beternak Kambing

IMG-20210530-WA0041.jpg

Padang – Fakultas Peternakan Universitas Andalas Menjalin Kerja sama dengan nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjuang tentang pengembangan peternakan.Perjanjian kerja sama yang tertuang dalam surat perjanjian kerja sama nomor 1/palaluar/2021 , nomor : B430.UN 16.06.D/HK.07.00.2022 dengan tema Anak Muda Jangan Malu Betenak Kambing.

Penanda tanganan kerja sama berlangsung pada hari Sabtu,29 Mei 2021,bertempat di Kantor Wali Nagari Palauar Kecamatan Koto VII Kab Sijunjung.Kerja sama di tanda tangani oleh Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Dr.Ir. Adrizal MS yang di wakili oleh Dr,Ir Fuad Madarisa M.Sc.Ikut dalam rombongan Ir Amrizal Anas MP , Ir. Edwin Heriyanto MP , Ediset S.Pt, M.Si , Aditya Alqamal Alianta S.Pt , M.Sc.

Selain itu team ini juga mengikutkan Mahasiswa S2 Fadhillah Azzikra SPt dan Aleks dari Mahasiswa S1.Acara penanda tanganan kerja sama tersebut juga di hadiri oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjuang, Kepala Bumnag Nagari Palaluar, Wali Nagari Palaluar dan para peternak di Nagari Palaluar

Dalam kesempatan ini Wali Nagari Palaluar menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Peternakan Unand yang sudah bersedia untuk bekerja sama dengan Nagari Palaluar.”Dengan adanya kerja sama ini mudah-mudahan dapat meningkatkan keahlian peternak dan dapat membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat khususnya masyarakat nagari Palaluar.”ujar Walinagari.

Adapun isi dari kerjasama tersebut yaitu pengembangan peternakan dengan membuat pasar digital dan media sosial , meracik dan mengolah pakan dengan teknologi dengan memanfaatkan potensi lokal , Perubahan pola pemeliharaan dari Ekstensif ke Sistem Intensif , Analisa tentang kelayakan usaha peternakan , Pengembangan peternakan kambing , Fasilitas pinjam modal ternak dari BUMNAG badan usaha milik nagari.

Sementara itu Dekan Fakultas Peternakan Unand Dr.Ir Adrizal MS dalam sambutannya yang di wakili Dr.Ir Fuad Madarisa mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk kepedulian Faterna terhadap para peternak.”Dengan kerja sama ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat dalam beternak dan mensejahterakan masyarakat”ujar Dekan.Hal ini juga sekaligus sebagai Tridarma perguruan tinggi yakni melakukan pengabdian masyarakat, program Kampus mengadakan KKN dan Penelitian untuk mahasiswa.

“Dengan adanya kerjasama ini bukan saja untuk kesejahteraan peternak, akan tetapi juga sebagai wadah bagi mahasiswa baik program S1 dan S2 dalam mempraktekkan ilmu yang sudah didapat selama kuliah di Fakultas Peternakan Unand”lanjut Dekan.

Di akhir acara di lanjutkan dengan penandatanganan naskah kerja sama antara Fakultas Peternakan Unand dengan Nagari Palaluar

Kerja sama ini tertanda dekan fakultas peternakan Universitas Andalas Dr. Ir. Adrizal, MS dan Wali Nagari Palaluar Ebid Diana Putra. MM

scroll to top