Disdikbud Pessel, Gelar Lomba Literasi Tingkat SMP, Ini Penjelasan Yusmardi

IMG-20211202-WA0032.jpg

Pessel, Benuanews. Com
Sebanyak 114 Siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se – Kabupaten Pesisir Selatan, mengikuti lomba Literasi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang dipusatkan di SMP N 1 Painan daerah setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Yusmardi didampingi Kabid Pembinaan SMP, Sudirman mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan program dari dinas pendidikan, direncanakan dari awal yang telah dianggarkan yakni lomba literasi dan juga lomba tahfidz yang telah digelar sebelumnya.

Pada perlombaan Literasi ini diikuti oleh 78 SMP, Negeri dan Swasta yang mana di masing – masing sekolah itu mengutus dua orang siswa, terdiri dari putra dan putri.

“Dari total 78 sekolah, sebanyak 114 orang siswa mengikuti perlombaan literasi ini, ” kata Yusmardi, Kamis (2/12) diruanganya.

Yusmardi melanjutkan, dalam perlombaan tersebut peserta didik akan di asah mengikuti ujian tertulis sekaligus melatih untuk mengerjakan soal yang bersifat literasi dan Numerasi.

Kemudian bagi siswa yang juara pihaknya akan memberikan piagam, sertifikat beserta bonus lainya.

“Pada perlombaan literasi ini kita gelar selama satu hari. Dalam minggu sekarang akan keluar hasilnya. Karena saat ini dalam proses manual,” ujarnya.

Disamping itu, Yusmardi menambahkan perlombaan tahfizd Al-qur’an yang telah digelar sebelumya, bertujuan guna melahirkan penghafal alquran juz 30 sehingga diharapkan dapat dilirik oleh LPTQ untuk kader kafilah pesisir selatan.

“Saya berharap, perlombaan tahfidz alquran bagi siswa yang prestasi akan dilirik oleh LPTQ untuk kader kafilah pesisir selatan,” tutupnya.

Sebelumnya, perlombaan tahfidz alquran di gelar selama dua hari (25 – 26 November 2021) tingkat SMP Se – Kabupaten Pesisir Selatan, di Hotel Anordio Painan.

Diperlombaan itu didatangi dewan juri dari luar institusi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan yang independen, yaitu Dosen UIN Padang, Dosen STAI MA Bayang dan KUA Kecamatan Koto XI Tarusan.

“Dalam perlombaan ini kami akan memberikan sertifikat beserta bonus bagi siswa sesuai dengan anggaran yang telah dianggarkan. Dan saya berharap semoga dengan adanya perlombaan ini lahir tahfidz – tahfidz yang dibanggakan untuk pesisir selatan,”kata Ketua Panitia sekaligus penanggungjawab Teknis Kegiatan, Zul Muklis.(MW)

scroll to top