Berikan penghargaan kepada 3 OPD, Fuad Santoso : Itu bukti Gubernur ingin realisasi anggaran maksimal

IMG-20220105-WA0041.jpg

Pekanbaru ,Benuanews.com- Gubernur Riau, Syamsuar serahkan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau, yang berhasil merealisasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2021 di atas 90 persen.

Dilansir dari Media Center Riau, penyerahan diberikan saat Apel Perdana tahun 2022, Senin (03/01/2022) kemarin, di halaman Kantor Gubernur Riau, dipimpin langsung oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

OPD yang mendapatkan penghargaan di antaranya, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), kemudian Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Penghargaan juga diberikan kepada PNS berprestasi, pejabat fungsional terbaik yang diserahkan kepada Kepala SMAN 5 Pekanbaru, Elmi Gurita.

Selain itu, penghargaan juga diterima oleh pejabat administrator termasuk bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau, di mana tercatat sebanyak 16 OPD termasuk ASN, menerima penghargaan.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari Ketua DPD KNPI RIAU Fuad Santoso,SH.,MH
Dalam keteranganya orang nomor satu di KNPI RIAU itu mengatakan bahwa ketiga kepala OPD yakni kadis DLHK, kadispora dan BKD layak untuk mendapat apresiasi,Rabu(5/1/22)

“Kami ucapkan selamat dan apresiasi kepada kadis DLHK, kadispora dan BKD atas prestasi dan pencapaian luar biasa. Saya kira penghargaan tersebut layak dan pantas. Kami pun bangga sebagai pemuda karena bang boby kadispora termasuk yang dapat penghargaan tersebut. apalagi baru-baru mendagri menegur kepala daerah yang kurang maksimal dalam merealisasikan anggaran APBD” kata Fuad santoso

Fuad santoso juga menilai pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk kesungguhan gubernur riau dalam memfollow up realisasi anggaran agar tidak terjadi lagi pengendapan APBD di Riau sebagaimana teguran mendagri.
Lebih lanjut fuad mengatakan bahwa DPD KNPI RIAU melalui bidang issu strategis sudah mengkaji dan akan terus mengawal realisasi anggaran APBD di Riau.

“ kami kira pemberian penghargaan itu bentuk kesungguhan pak gub dalam mengawal realisasi anggaran agar tidak terjadi pengendapan.
KNPI Riau melalui bidang issu strategis dibawah komando Amir Aripin Harahap sebelumnya sudah fokus mengkaji terkait realisasi anggaran di riau, dan kami akan terus mengawal agar realisasi anggaran di provinsi riau dapat maksimal, Tidak hanya di lingkungan pemprov riau tapi seluruh kepala daerah kabupaten/kota di Riau akan kita kawal realisasi anggarannya. Jadi jangan main-main KNPI Riau monitor” Tegas fuad

Selanjutnya fuad santoso berharap penghargaan oleh gubernur riau tersebut dapat menjadi motivasi bagi setiap OPD untuk memaksimalkan realisasi anggaran dan bagi OPD yang tidak maksimal kinerja dan realisasi anggarannya agar di evaluasi.

“ tentu harapannya pemberian penghargaan itu menjadi motovasi bagi seluruh OPD baik di pemprov mau pun di kabupaten/kota. Bagi OPD yang tidak maksimal kerjanya di evaluasi aja bila perlu di ganti.” Tegas ketua umum KNPI RIAU itu

Sebagai informasi gubernur riau dalam acara pemberian penghargaan tersebut mengatakan bahwa pencapaian tersebut tidak terlepas dari kerjasama para pegawai.

“Hari ini apel bersama sekaligus pengukuhan adanya perubahan penyederhanaan organisasi dilingkungan Pemprov Riau, sesuai dengan amanah Menteri Dalam Negri dan Juga Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara. Saya mengapresiasi kinerja seluruh pegawai atas capaian realisasi APBD tahun 2021 sebesar 90 persen,” ujar Syamsuar, saat memberikan arahan.

“Masih ada SiLPA kita pada tahun 2021 ini sebesar 800 miliar lebih, karena adanya tunda salur sebelumnya tahun 2020 yang disalurkan kepada pemerintah Provinsi Riau. Untuk dimaklumi ekonomi di Riau sudah cukup baik dan juga neraca perdagangan kita cukup bagus, ekspor kita juga cukup besar daripada impor,” tambahnya.
A-R

scroll to top