Gempa Pangandaran Dirasakan di Ciamis, Banjar, Tasikmalaya dan Garut

gempa.jpg

PANGANDARAN, benuanews.com — Gempa bumi tektonik magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jumat  malam (15/1/2021).

Gempa yang terjadi sekira pukul 21.17 WIB itu berlokasi di 8.48 LS – 108.66 BT atau 88 km tenggara Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 57 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, Ciamis, Banjar, hingga Garut. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. Hingga pukul 21:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tulisnya melalui keterangan resmi.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg

red

scroll to top