Warga Baduy Antuasias Mengikuti Pelayanan Perekaman Kependudukan

IMG-20210829-WA0091.jpg

Lebak Banten Benuanews.com,Dalam rangka mendorong pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dapat terlaksana hingga ke tingkat desa, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak dan Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) mengadakan Pelayanan Keliling bagi warga Baduy dan masyarakat sekitar di Kampung Cijahe, Desa Kebon Cau, Kecamatan Bojong, Sabtu (29/08/2021).

Kegiatan dilakukan guna memudahkan serta membantu masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan serta pemutakhiran data kependudukan.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Zudan Arif Fahrullah berpesan agar rekan-rekan di Dinas Dukcapil terus bergerak mensosialisasikan melalui offline maupun online terkait layanan adminduk ini.

“Pandemi bukan alasan untuk kita tidak memberikan pelayanan, pelayanannya diubah menjadi online, dokumen bisa dikirimkan ke rumah, yang belum bisa online hanya satu yaitu pembuatan ktp elektronik karena ada perekaman sidik jari dan foto wajah” Ungkap Dirjen Dukcapil kepada warga Baduy yang antusias mengikuti perekaman data adminduk tersebut.

Selain itu Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Budi Santoso dalam sambutannya menjelaskan bahwa administrasi kependudukan ini sangat penting untuk diri sendiri karena segala hal apapun tetap harus menggunakan NIK, seperti ketika ingin mengambil bantuan dari Pemerintah harus memiliki NIK dan mendaftarkan sekolah anakpun harus memiliki akta kelahiran.

Sekda juga mengatakan bahwa Baduy adalah bagian dari NKRI, karena bagian dari NKRI maka harus tetap mematuhi administrasi pemerintahan.

“Baduy adalah bagian dari NKRI, karena bagian dari NKRI kita tetap mempertahankan adat dan kearifan lokal suku baduy kita sama sama jaga, tetapi administrasi pemerintahan harus tetap kita ikuti” Jelas Sekda.

Kemudian acara dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan keliling oleh Dirjen Dukcapil didampingi Sekda Lebak, Kadis DP3AKKB Prov. Banten, Sekretaris Umum IKI, serta Kadis Dukcapil Lebak.(Ds-Baedi Muhtar)

scroll to top