Penumpang Batik Air Masih Berada di Kualanamu

images_98.jpeg

Tangerang: Penerbangan pesawat Batik Air dengan nomor ID-6897 dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Jakarta harus tertunda, Minggu (29/8/2021) siang.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, seluruh penumpang dan awak pesawat masih berada di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

“Pesawat berpenumpang 271 orang, dua awak kokpit (pilot), dan sembilan awak kabin, harus mendarat terlebih dahulu di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara,” kata Danang dalam keterangan tertulis, Minggu (29/8/2021).

Namun, dia belum dapat menjelaskan waktu keberangkatan para penumpang dari Kualanamu menuju Jakarta.

“Penerbangan tujuan Jakarta (Bandara Soetta, Red) masih dipersiapkan,” kata Danang.

Dia mengungkapkan, kronologi pesawat itu harus mendarat terlebih dahulu di Bandara Kualanamu.

Baca juga: Pesawat Batik Air Mendarat Darurat

Penerbangan dari Bandara Sultan Iskandar Muda menggunakan pesawat jenis Airbus 330-300 itu berangkat sekitar pukul 10.45 WIB.

“Dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soetta pada 12.50 WIB,” tuturnya.

Sebelum pesawat itu berangkat, kata Danang, pihak Batik Air melalui teknisi dan pilot telah melakukan pengecekkan pesawat sebelum keberangkatan (pre-flight check).

“Saat telah mengudara, pilot pesawat memutuskan untuk pengalihan pendaratan ke Bandara Kualanamu. Karena ada indikator yang menunjukkan bahwa komponen di salah satu mesin pesawat yang perlu dicek atau diperiksa,” ucap dia.

Pilot pesawat, lanjut dia, mendaratkan pesawat tersebut di Bandara Kualanamu sekitar pukul 11.49 WIB.

“Setelah pesawat parkir pada tempatnya, seluruh tamu diarahkan menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut,” ucapnya.

Batik Air, lanjut Danang, telah menyiapkan pesawat pengganti di Bandara Kualanamu untuk melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Menurutnya, pesawat pengganti itu telah diperiksa dan dinyatakan layak terbang.

“Pesawat sudah menjalani pengecekan dan dinyatakan layak terbang dan beroperasi,” ujar dia.

Namun, Danang mengaku, pihaknya kini masih mempersiapkan penerbangan dari Bandara Kualanamu ke Bandara Soetta.

scroll to top