Wakil Presiden RI Menerima Kunjungan dari Sekjen Forum Promosi Perdamaian Abu Dhabi

IMG-20220729-WA0339.jpg

Benua News.com-Alhamdulillah, saya menerima Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Promosi Perdamaian Abu Dhabi, Al-Mahfouz bin Bayyah. Kehadirannya bertujuan untuk mengundang saya hadir dalam acara Abu Dhabi Forum for Peace yang akan digelar pada Desember 2022, di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA).

Forum ini akan diikuti sekitar 500 undangan dan 40 organisasi internasional untuk bersama-sama membahas langkah-langkah serius dalam upaya mencapai perdamaian dunia. Termasuk isu yang berkaitan dengan keumatan dan sosial keislaman.

Dalam kesempatan tersebut, saya sampaikan rasa hormat dan merasa kesediaan untuk menghadiri acara tersebut. Indonesia dan Abu Dhabi memiliki kesamaan visi terhadap perdamaian dan juga toleransi di dalam keberagaman.

Saya menyampaikan pengalaman Indonesia dalam mewujudkan kehidupan yang rukun dan harmonis melalui empat bingkai.

Pertama, bingkai politik, yaitu melalui penguatan wawasan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kesepakatan nasional (al-mitsaq al-wathani) yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar 1945, dan kemudian juga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Bingkai kedua adalah bingkai sosiokultural melalui pengembangan kearifan lokal yang mendukung budaya damai, toleransi, dan harmoni di seluruh wilayah Indonesia.

Bingkai ketiga adalah bingkai yuridis, melalui penguatan regulasi kehidupan beragama, penegakan hukum, dan juga mediasi melalui Forum Kerukunan Umat Beragama. Sedangkan bingkai keempat berupa bingkai teologi kerukunan untuk saling menghargai di antara umat beragama.

Peran ulama-ulama juga penting dalam membantu menyebarkan ajaran moderat. Dunia Islam penting untuk memperluas kerja sama dalam mempromosikan Isalam Wasathiyah mendorong dialog inklusif sebagai solusi atas berbagai konflik yang terjadi.

Redaksi

Redaksi

Satu Pelurumu Hanya Tembus Satu Kepala Manusia...Tetapi Satu Tulisan Seorang Jurnalis Bisa Tembus Jutaan Manusia (082331149898)

scroll to top