LITERASI DIGITAL
KABUPATEN BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN

IMG_20211106_174536.jpg

Selasa, 09 November 2021, Jam 09.00 WIB

Banyuasin – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Banyuasin H. Askolani, S.H., M.H menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KIAT-KIAT MELAWAN HOAKS yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Efriadi Efendi sebagai Wartawan Media Online Fakta Berita menjelaskan agar terhindar dari berita hoaks diantaranya hati-hati dengan judul berita, cermati situs alamat, periksa fakta dibalik berita tersebut, cek keaslian gambar, ikut serta dalam grup media sosial (Facebook, Whatsapp, Instagram).

Cara mengatasinya dengan cara penelusuran gambar dengan fitur Google Image Search dan mengecek kredibilitas narasumber dalam berita tersebut apakah berita yang disampaikan itu hoaks atau tidak. Frans Padak Demon memaparkan tips agar terhindar dari penipuan di internet diantaranya hati-hati di wifi publik, jangan gunakan wifi publik atau gunakan VPN – Virtual Private Network – yang aman.

Dr. Daniel Susilo, S.I.Kom., M.I.Kom. Dosen Tetap Fak. Ilmu Komunikasi mengatakan masa pandemi Covid-19 menimbulkan sejumlah ketidakpastian ekonomi dan berdampak serius pada pasar tenaga kerja. Pada tahun 2020 perekonomian global mengalami kontraksi 4 persen sebagai dampak dari kebijakan lockdown dan pembatasan sosial yang diterapkan di hampir seluruh negara di dunia.

Demikian pula perekonomian di Indonesia yang juga terkontraksi sebesar 2,07 persen. Perubahan ekonomi ini menunjukkan adanya kesenjangan keterampilan (skills mismatches) dan menjadi tantangan besar hampir di seluruh industri.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Inta Oceania sebagai Presenter dan Vlogger yang memberikan sharing session, adanya berita hoaks ini dapat menimbulkan berbagai dampak seperti masalah di bidang politiki, ekonomi, sosial, keamanan, dan yang lebih luas lagi dapat mengancam keutuhan suatu negara.

Berita hoaks dapat mempengaruhi pola pikir seseorang sehingga dapat menimbulkan suatu perbedaan pandangan yang dapat memicu adanya kericuhan.

scroll to top