Tingkatkan Ekonomi, Distan Lebak Fasilitasi Para Petani dan Pelaku UMKM Pasarkan Produknya di Pasar Tani Lebak

IMG-20211225-WA0032.jpg

Lebak – Benuanews.Untukcom – meningkatkan pendapatan ekonomi, Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, fasilitasi para petani dan pelaku UMKM di Kabupaten Lebak untuk memasarkan produknya di Pasar Tani Lebak yang berada di Plaza Lebak dengan fasilitas tempat gratis setiap Jumat dan Sabtu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar menyampaikan harapan yang sangat besar dengan adanya Pasar Tani di Plaza Lebak ini untuk memajukan para petani dan umkm di Lebak terbantu dalam memasarkan produk-produknya.

“Saat ini Pasar Tani di Plaza Lebak sudah berjalan pada minggu ke tujuh dirintis Distan dan berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait seperti Dispora, Dinas Peternakan, Lebak Ekonomi Kreatif, Disperindag dan lainnya. Kami memfasilitasi tempat maupun tenda-tenda gratis para petani, Kelompok Tani, Pelaku UMKM,” ujarnya Jumat, (24/12).

Plaza Lebak adalah tempat strategis kata dia, sayang jika dibiarkan apalagi saat ini akses Jalan Tol Serang Panimbang sudah ada sehingga ke depan bukan tidak mumgkin ramai. Ini semua kecamatan di Kabupaten Lebak akan berperan serta. Namun untuk di Lebak Selatan karena jauh ke Rangkasbitung pihaknya akan merencanakan Pasar Tani ini di wilayah Bayah.

Semoga ke depannya kata Rahmat, Pasar Tani ini semakin berkembang, ramai dan maju lagi sehingga para pelaku usaha tani terbantu.

“Kami berharap Produk Pasar Tani dipasarkan di Plaza Lebak ini dapat memutuskan tata niaga harga pertanian yang bisa menguntungkan petani karena saat ini harga produk pertanian sangat sedikit mendapat keuntungan untuk petani dibandingkan pedagang,”tuturnya.

Menurutnya, produk pertanian dipasarkan di Plaza Lebak ini menguntungkan dan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi petani juga memutus mata rantai tata niaga pemasaran pendistribusian pasar. Selain itu, dapat dijadikan destinasi wisata, dimana di Plaza Rangkasbitung dengan lahan luas dan bisa menampung konsumen dari berbagai daerah di Banten.

Produksi pertanian itu antara lain jenis beras, buah-buahan, seperti manggis, rambutan, durian, jambu kristal ,dukuh hingga pepaya California. Selain itu juga sayur – sayuran di antaranya kacang panjang, terung, paria, ketimun, bayam dan kangkung bahkan ada juga produk-produk lainnya yang mendukung ekonomi kreatif dan UMKM. (Red)

scroll to top