Tak Sengaja Terminum Air Aki , Kondisi Tubuh Dara Semakin Memprihatinkan 

IMG-20230129-WA0014.jpg

Limapuluh Kota, -Benuanews.com  Dara Putri Alenka (5) bocah asal Jorong Simpang Abu, Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota sejak dua bulan yang lalu kondisinya sangat memprihatinkan dan butuh uluran tangan. 

Kondisi tubuh Dara, panggilan akrab Dara Putri Alenka saat ini sangat kurus hanya tulang berbalut kulit. Tulang wajah putri kandung dari pasangan Mira (30) dan Romet (34) ini terlihat menonjol, begitupun tulang panggul, tangan dan kaki. 

“Sebelumnya, badan Dara sangat sehat dan punya badan yang bagus. Namun sejak tak sengaja terminum olehnya air Aki atau Accu sekitar 2 bulan yang lalu, kondisi tubuh dan fisiknya mulai memprihatinkan,” sebut ayah kandung Dara, Romet di kediamanya, Sabtu (28/1/2023). 

Pihak keluarga sudah pernah melakukan pengobatan ke Rumah Sakit Achmat Darwis Suliki, namun kondisi kesehatan Dara tidak kunjung membaik. Hingga harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang. 

“Saat ini untuk berobat ke M. Djamil Padang terkendala karena belum punya BPJS. Alhamdillah mulai tanggal 1 Februari 2023 mendatang BPJS nya sudah mulai aktif dan bisa dipergunakan untuk berobat ke Padang,” pungkas Romet yang sehari-hari bekerja serabutan mengantar pupuk kandang ayam ke Kota Bukittinggi. 

Sementara itu, Koordinator Relawan Palanta Aksi Kemanusiaan dan Sosial (Paksa) Ferizal Ridwan menyebut bahwa relawan Paksa akan ikut berupaya membantu keluarga dalam melakukan pengobatan Dara, melalui program-program Paksa. 

“Kita akan ikut membantu memberikan masukan serta meringankan beban pihak keluarga. Selain itu, dengan pengalaman dan jaringan yang kita miliki, insya Allah akan kita bantu bagaimana nanti proses pengobatan dan akan kita pantau terus bagaimana perkembangan kesehatan anak kita ini,” katanya. 

“Semoga dengan kehadiran kita bersama memberikan dukungan baik moril maupun materil akan dapat membantu proses pengobatan anak kita ini. Hingga nantinya kembali sehat dan bisa beraktivitas dengan baik,” tambahnya. 

Ia berharap penangan terhadap Dara harus dilakukan secara maksimal. Ia juga mengajak masyarakat dan pemerintah nagari untuk ikut serta membantu pihak keluarga. 

Wali Nagari Simpang Kapuak, Felliadi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih terhadap kedatangan Tim Relawan Paksa yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati periode 2016-2021 Ferizal Ridwan itu. 

“Mudah-mudahan dengan kehadiran kita semua hari ini bisa membantu meringankan beban keluarga,” katanya. 

Felliadi juga menyebut, bahwa Pemerintah Nagari Simpang Kapuak akan ikut membantu proses pengobatan Dara yang nantinya bakal di rujuk ke RSUP Dr. M. Djamil Padang. Pihaknya juga akan rutin memantau perkembangan kesehatan anak berusia 5 tahun tersebut.(Julian) 

scroll to top