Sungai Pagu Solok Selatan Meluap Rendam Sebagian Rumah dan Fasilitas Umum

IMG-20201030-WA0033.jpg

Muara Labuh, Benuanews com—- Sungai Batang Lawe di Nagari Pasir Talang Barat Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) meluap pada Jumat (30/10/2020) sekira pukul 18.05 WIB padahal dilokasi luapan air sungai tidak ada hujan.

Akibat luapan air sungai itu merendam sebagian rumah dan fasilitas umum di dua Nagari yakni, Nagari Sako Pasir Talang dan Nagari Pasir Talang Barat.

Yurliana (54), seorang warga Batang Lawe Nagari Pasir Talang Barat mengatakan luapan air sungai merendam rumahnya dan ikut merendam satu unit Pustu di Batang Lawe sekitar betis orang dewasa.

“Air sungai datang secara tiba-tiba jelang Maghrib, padahal tidak ada hujan. Kemungkinan hujan deras di hulu sungai karena ikut terbawa arus sungai seperti marerial kayu,” katanya saat ditemui di lokasi banjir.

Terpisah, Sudirman Wk.Dt.Lingkar Bulan selaku tokoh masyarakat Solsel mengatakan, air sungai Mudik Lawe meluap diduga akibat mengalami penyumbatan di hulu sungai karena tidak ada hujan di lokasi meluapnya air sungai.

“Saya menduga hulu sungai mengalami penyumbatan dan hutan dikawasan TNKS jalur Barat tidak terpelihara dengan baik. Perlu dilakukan survei ke hulu sungai oleh pihak terkait,” tutupnya.

Terpisah Kalaksa BPBD Solsel, Richi Amran mengatakan hingga pukul 19.30 WIB air sungai sudah mulai surut. Pihaknya tengah melakukan pendataan terkait rumah dan sarana fasilitas umum yang terdampak luapan air bah.

“Hujan di hulu yang membawa material kayu, pasir dan batu dari hulu sehingga mengalami pendangkalan akibat material menyumbat di bawah jembatan,” katanya. Helfi yulinda

scroll to top