Semarakkan Hari Ikan Nasional Ke X, Dinas Perikanan Bersama Forikan Gelar Sejumlah Lomba

IMG-20240809-WA0001-scaled.jpg

Benuanews.Com,-Limapuluh Kota .Guna memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan dan mengenalkan kepada Anak tentang manfaat ikan, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Perikanan bersama Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) menggelar sejumlah lomba bertemakan “Ayo Makan Ikan untuk Generasi Emaz”, Rabu, (07/08/2024). Digelar di Taman Bermain Anak Lembah Harau, lomba tersebut dibuka langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.

Berbagai lomba yang diikuti oleh Anggota PKK dan pelajar Taman Kanak-kanak diantaranya lomba inovasi masak serba ikan, lomba mewarnai ikan, dan lomba menyanyi gemar ikan. Turut hadir dalam pembukaan Kepala Dinas Perikanan Siswanto, Ketua TP PKK sekaligus Ketua Forikan Ny.Nevi Safaruddin, seluruh camat dan Ketua TP PKK kecamatan se Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin menyampaikan, ikan sebagai makanan pokok sehari-hari tentunya membutuhkan kreatifitas agar menarik untuk dikonsumsi bagi masyarakat baik dari segi gizi maupun tampilan. “Lomba ini diharapkan mampu dijadikan sebagai wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih baik serta meningkatkan minat anak-anak mengkonsumsi ikan,”ucap Bupati Safaruddin.

Selain itu, Bupati Safaruddin meminta agar para camat menginstruksikan para Wali Nagari untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk membudayakan mengonsumsi ikan dan dapat mensosialisasikan pola konsumsi sehari-hari berbahan ikan. “Mari kita galakkan potensi perikanan di nagari masing-masing untuk dikembangkan dengan baik,” utas Bupati Safaruddin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Siswanto dalam sambutannya menyampaikan, terlaksananya berbagai macam lomba ini mampu meningkatkan konsumsi ikan di Lima Puluh Kota serta menambah wawasan masyarakat tentang manfaat ikan. “Peserta lomba masak ikan adalah Tim Penggerak PKK per kecamatan. Sementara itu untuk peserta lomba mewarnai dan lomba lagu gemar ikan dari anak TK/PAUD se Kabupaten Lima Puluh Kota,” jelas Siswanto.

Sementara itu ketua Forikan Limapuluh Kota Nevi Safaruddin mengatakan, Forikan Limapuluh Kota terus berupaya menyemarakkan gerakan makan ikan untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan. “Hal ini sejalan dengan cita-cita Pemkab Limapuluh Kota dalam pencegahan dan penurunan stunting,” ucapnya. Nevi menilai, terlaksananya berbagai lomba ini diharapkan kepada ibu-ibu PKK dapat menyebarluaskan informasi tentang inovasi menu keluarga berbahan ikan serta diharapkan kepada anak-anak agar dapat mengenalkan ikan beserta manfaatnya. “Mari bersama kita dukung upaya peningkatan konsumsi makan ikan untuk pecegahan dan penurunan stunting serta kenalkan kepada anak tentang manfaat mengkonsumsi ikan,” tutur Nevi. (Julian ).

scroll to top