Media Tidak Diperbolehkan Masuk Untuk Meliput Pemilu 2024 Di Lapas Kelas lll A Kotapinang

IMG-20240214-WA0220.jpg

LABUSEL-BENUANEWS.COM
Tepat Pada 14 Februari 2024 Rakyat Indonesia melaksanakan pesta demokrasi dengan menggelar
Pemilihan Umum serentak di Indonesia untul Pilpres Cawapres , DPR RI , DPD . DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten,sehingga seluruh rakyat Indonesia dapat menentukan hak pilih dalam menentukan nasib bangsa serta daerah nya,melalui pencoblosan pada setiap TPS,Warga binaan juga ikut dalam pemilihan tersebut.

Namun sangat disayangkan Tim Media saat ingin melaksanakan tugasnya jurnalistik sebagai sosial kontrol dalam peliputan kegiatan pemungutan suara bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas kelas III Kota Pinang tidak di boleh untuk Meliput oleh petugas berdinas ketika meminta izin meliput di Lapas IIl Kota Pinang , Kelurahan Kota Pinang , Kecamatan Kota Pinang , Kabupaten Labuhanbatu Selatan ,Provinsi Sumatwra Utara ,Rabu, 14/2/2024.

Pada saat ingin melakukan tugas awak media tidak di peroleh kan untuk masuk,saat ingin masuk petugas mengatakan,maaf bang kami bukan melarang tugas orang abang,Namun mari kita ikuti peraturan karena tidak di peroleh kan masuk kedalam nanti takut nya mereka terganggu (warga binaan),nanti setelah usai pencoblosan kita akan memberikan hasil dari pelaksanaan pemilu nanti,”ujar petugas yang berseragam,

“Dilarang masuk pak, didalam lagi melaksanakan kegiatan pemungutan suara untuk warga binaan” perkataan aparat yang berjaga, ada beberapa orang media yang ingin meliput kegiatan pemungutan suara di TPS 901.

Selanjutnya Awak media menghubungi Ketua KPU Labuhanbatu Selatan,melalui telepon,Samsul Basri Dalimunthe,mengatakan,”maaf itu hak mereka kami hanya memberikan fasilitas,untuk pemilu,jelas nya.

Demikian juga,Ketua bawaslu,”Saat di temui awak media,beliau mengatakan,”itu hak mereka bang,”ujarnya

Lebih lanjut ketua Bawaslu Labusel Efendi Pasaribu menjelaskan didalam lembaga permasyarakatan tersebut, tetap dilaksanakan pemungutan suara seperti diluar lapas.

Namun katagori pemungutan dilapas termasuk katagori TPS khusus dan aturan berbeda dengan aturan TPS yang ada.

Kalau tidak diperbolehkan media masuk untuk melakukan peliputan, saya no coment itu hak intansi tersebut.ungkapnya.

Namun kalau saudara-saudara keberatan tentang temuan yang ada saudara temukan boleh buat surat dan silahkan laksanakan tugas serta kapasitas anda

Saat dikompirmasi Kalapas kota pinang E.Tampubolon ,mellalui wasshap mengenai tidak boleh melakukan peliputan, kalapas membalas “nanti kami infokan melalui ketua KPPS” dan kalapas memberikan nomor kontak KPPS.

,”nanti kami infokan tentang melalui KPPS tentang hasil pemilihan warga binaan,katanya

Saat dihubungi Ketua KPPS TPS Nomor 901 TPS ke 74 DPT 154 lokasi Lapas Kelurahan Kota Pinang, apakah saksi-saksi dari Partai dan Pilpres hadir melalui whatsapp para peserta tidak dibalas.

Sampai berita ini di terbitkan jumlah suara dan hasil pemilihan suara di dalam lembaga pemasyarakatan(Lapas).kelas lll A Kotapinang belum di ketahui.(K.Nasution)

scroll to top