Rekrutmen PPPK Tahun 2022, Diutamakan Tenaga Guru dan Kesehatan

gdr.jpg

Jakarta – Pemerintah tidak akan Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2022. Dilihat pada websate Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), lebih mengutamakan penerimaan untuk PPPK pada 2022 mendatang

Menpan RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2022, untuk CPNS kemungkinan akan dikurangi.

“Pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan tahun ini formasi untuk CPNS tidak tersedia,” kata Tjahjo.

Berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022, rekrutmen PPPK 2022 tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022.

Pemerintah Hanya Buka Penerimaan PPPK pada 2022, Formasi yang dibutuhkan pada Seleksi CASN 2022: Tenaga pendidik Tenaga kesehatan Tenaga penyuluh.

Tjahjo mengaku, pemerintah berkaca dari kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju untuk merekrut PPPK pada tahun ini.

Kebijakan yang dimaksud adalah jumlah pembuat kebijakan atau PNS lebih sedikit, dibandingkan jumlah government worker atau public services (PPPK) yang lebih banyak.

“Mengacu kepada contoh baik tersebut, pemerintah Indonesia perlu mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh berbagai negara maju sebagai langkah memodernisasi birokrasi secara cepat,” ungkapnya.

scroll to top