Program Desa Solimbandungan Baru Prioritaskan Pembangunan Drainase

IMG-20220705-WA0006-1.jpg

Sulawesi Utara Benuanews.com Pemerintah Desa Solimandungan Baru Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolmong telah menyelesaikan pembangunan saluran drainase jalan kuari tepatnya di dusun II Desa Solimbandungan Baru. Dengan tujuan agar tidak terjadi genangan air pada saat musim hujan.

Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) Joni Lasabuda kepada media mengatakan bahwa pembangunan drainase tersebut ber volume pekerjaan 166.5 meter Galian tanah dan pasangan batu serta 63,5 meter Galian tanah, dengan total volume pekerjaan 230 meter.
Menurut Joni, pembangunan drainase tersebut menghabiskan dana sekitar 128.257.800 yang bersumber dari DD (Dana Desa ) tahun 2022.

” pembangunan drainase sudah selesai dilaksanakan dengan volume pekerjaan 166.5 meter Galian dan pasangan batu, serta 63.5 meter Galian tanah kearah sungai dengan total volume pekerjaan 230 meter. Ucap Joni
” sedangkan dana yang digunakan sebesar 128.257 yang diambil dari dana Desa tahun 2022.lanjut joni

Pengurus Pusat LP2KP ( Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah) Divisi Intelijen dan Investigasi Rahmat Mokoginta dalam hal ini sangat mengapresiasi atas kinerja Pemerintah Desa Solimandungan Baru terkait pelaksanaan pembangunan drainase tersebut.

Menurut Rahmat drainase adalah salah satu persyaratan teknis prasarana jalan yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan agar tidak tergenang yang mengakibatkan banjir.

Secara terpisah, Kepala Desa Ajan Mokoagow mengatakan tujuan dibangunnya drainase ini adalah salah satu program Desa tahun ini.selain itu dapat memperlancar serta mengefektifkan saluran air agar pada saat hujan turun,saluran air tidak tersumbat dan bisa menyebabkan banjir.

” Tujuan dibangunnya drainase ini adalah salah satu program prioritas tahun ini. karena dengan adanya pembangunan drainase tersebut untuk memperlancar serta mengefektifkan saluran air agar pada saat curah hujan turun tidak terjadi banjir.

” Selain itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Solimandungan Baru supaya tetap menjaga kebersihan disepanjang saluran drainase tersebut, agar supaya tidak terjadi penyumbatan dan tetap terjaga dengan baik. Pungkasnya.
(Timmy)

scroll to top