PKK Siak Terima Tim Monev PKK Provinsi Riau

IMG-20220621-WA0014.jpg

Siak, Benua news.com : Ketua TP PKK Siak, Hj. Rasidah Alfedri menerima rombongan TP PKK Riau di Gedung Wanita, Siak Sri Indrapura, Senin (20/6/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) program PKK.

Rasidah Alfedri dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Tim PKK Provinsi Riau di Kabupaten Siak.

Ia berharap dengan kehadiran tim Monev Riau dapat memberikan manfaat dalam rangka memantapkan segenap program – program pengurus PKK Kabupaten Siak. Di antaranya, administrasi PKK, anggaran PKK, program kerja dan pemanfaatan 10 program pokok PKK.

“Dengan kehadiran tim Monev PKK Provinsi dapat memberikan bimbingan dan arahan, sehingga program PKK Siak ke depan menyesuaikan dengan program TP PKK Provinsi Riau,” ucap Rasidah.

Selanjutnya istri Bupati Siak itu memaparkan program-program kerja yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK kabupaten Siak.

Kata Rasidah, dalam menyusun program kerja, mulai dari PKK Kabupaten hingga PKK Kampung mengacu pada program prioritas dan kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan itu tim monev PKK Riau yang terdiri dari sekretaris PKK, Pokja I, II, III dan IV.
menyampaikan hasil dari monitoring dan evaluasi program PKK Kampung Dayun dan PKK Kabupaten Siak.

Salah seorang tim Monev dari Pokja III Irma Suryati menyampaikan, untuk administrasi PKK Kampung Dayun sudah baik, tersusun rapi dan lengkap, termasuk untuk program pangan juga sudah baik. Hanya saja pengelolaan sampah rumah tangga belum di kelola oleh PKK.

Kemudian untuk menu B2SA sudah berjalan seperti yang diharapkan. Seperti penurunan angka stunting, sudah adanya pengolahan makanan bergizi untuk balita dan ibu hamil serta menyusui.

Irma berharap, apa yang sudah dilakukan tidak hanya sebatas dari Monev namun berkelanjutan dan bisa di pertahankan.

Tim Monev dari Pokja IV Sri Darmawati terkagum atas dukungan dari pemerintah daerah terutama dukungan dari Ketua TP PKK Kabupaten Siak yang luar biasa.

Kata dia, sebaik apapun kader PKK kalau tidak ada dukungan dari pemerintah setempat itu tidak akan bisa jalan.

Sementara itu, Sekretaris PKK Riau Hj. Erlina Khairul menyampaikan kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut sangat diperlukan untuk melihat realisasi program kerja TP PKK, yang merupakan bagian dari sistem pembinaan pengelolaan program PKK yang dilaksanakan di setiap tingkatan.

Kegiatan monev menurutnya, untuk mengkaji kembali hasil yang dicapai dari kegiatan yang telah dilaksanakan berdasarkan rencana program kerja yang telah disosialisasikan sebelumnya.

Ia sampaikan juga bahwasanya PKK provinsi Riau sudah melakukan MoU dengan BNN sebagai upaya pencegahan keluarga dari penyalahgunaan narkoba. Dan selanjutnya akan di ikuti oleh seluruh kabupaten/kota.

Monev ini dilakukan guna menganalisa data dan informasi mengenai perencanaan, dan pelaksanaan 10 Prograk Pokok PKK serta keberhasilan dan permasalahan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota.

Agus zega

scroll to top