Perayaan HUT Bhayangkara ke-75 di Lombok Tengah Semarak, Dua Perwira Raih Penghargaan

IMG-20210701-WA0028-1.jpg

Lombok Tengah NTB ( benuanews.com ) – Acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75 tahun 2021 di halaman Mapolres Lombok Tengah, Kamis (1/7/2021) berlangsung semarak. Pada saat itu juga dua orang anggota polisi mendapat penghargaan dan potongan nasi tumpeng dengan kategori polisi termuda dan polisi tertua.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, SIK menjelaskan HUT Bhayangkara tahun ini mengambil tema “Transformasi POLRI yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid 19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju “.

“Tema ini diambil lantaran tidak luput dari kondisi bangsa Indonesia bahkan secara global tengah dilanda wabah Covid-19 yang hingga saat ini tren sebarannya kembali meningkat dibanding beberapa bulan yang lalu,” jelas Kapolres saat memberikan sambutan pada acara syukuran HUT Bhayangkara ke-75 yang dihadiri Bupati Lombok Tengah bersama Kepala OPD, jajaran Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kapolres juga menyebutkan varian baru wabah virus Delta yang diangap sebagai mutasi virus Corona sudah terdeteksi di 14 provinsi di Indonesia.

“Kita berdoa dan berikhtiar semoga varian-varian baru wabah berbahaya itu jangan sampai masuk ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Tengah,” kata Kapolres Esty seraya menegaskan, varian Delta belum ada terdeksi di NTB.

Menurut Kapolres, penanganan kasus Covid-19 membutuhkan partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat di daerah ini. Sebab, transmisi virus tersebut melalui interaksi sosial masyarakat.

Karena itu, kata Kapolres, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus diterapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus-virus berbahaya dan mematikan itu.

“Mudahan secara bertahap PPKM Mikro arahan Presiden itu bisa kita terapkan sebagai bentuk pencegahan untuk menjaga kesinambungan roda perekonomian masyarakat, bangsa dan negara,” tandas Kapolres Lombok Tengah.

Pentingnya menekan dan meminimalisir transmisi penyebaran virus Corona itu, lanjut Kapolres, karena saat ini Kabupaten Lombok Tengah merupakan pintu masuk provinsi Nusa Tenggara Barat jalur udara dengan keberadaan bandara Internasional Lombok, serta Lombok Tengah juga menjadi barometer pembangunan di NTB karena adanya kawasan super prioritas pemerintah pusat di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang saat ini masih tahap pembangunan.

Kapolres juga menekankan agar program vaksinasi satu juta sehari seperti kebijakan pemerintah RI hendaknya bisa diterapkan di Lombok Tengah. Kondisi saat ini, dari sekian banyak masyarakat di Lombok Tengah, baru 40 persen yang sudah mendapatkan vaksinasi Covd-19.

“Kami mohon dukungan dan bantuan dari para alim ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk melakukan sosialisasi pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid-19,” pinta Kapolres.

Sebelumnya, sekitar pukul 10.00 Wita di Aula Polres Lombok Tengah telah berlangsung upacara dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021 secara visual.

Upacara tersebut diikuti oleh Bupati Kabupaten Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, .Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, SIIK, Dandim 1620 Lombok Tengah Letnan Kolonel Inf. I Putu Tangkas Wiratama, Ketua DPRD Kab. Loteng M. Tauhid, Wakapolres Loteng Kompol Ketut Tamiana, Kepala Kejaksaan Negeri Lombok Tengah Fadil Regan, SH. MH. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Praya A. A. Ayu Merth Dewi, SH. MH serta Ketua Pengadilan Agama Praya Baiq Halqiyah, S.Ag.

Kegiatan upacara tersebut berlangsung di masing – masing wilayah seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara visual melalui media elektronik televisi dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke – 75 dan disiarkan langsung dari Mabes POLRI sesuai dengan prosedur protokol kesehatan Covid 19 baik dalam penggunaan masker dan menjaga jarak ( physical distance ).

Acara tersebut tambah semarak dengan pemberian tumpeng kepada anggota termuda yakni Bripda Muhammad Iqbal Praseda / NRP 00090121, dan anggota tertua yakni AKP Suparjan / NRP 63090691.

Personil Polres Lombok Tengah yang mendapatkan piagam penghargaan yakni IPTU Abdul Haris, Kasat Intelkam Polres Loteng dan IPTU Amrozi Hamidi, Kasat Sabhara Polres Loteng..(Adbravo)

scroll to top