Orang Baik Serahkan Satwa Dilindungi Engang Paruh Putih

IMG-20220121-WA0009.jpg

Lubuk Basung benuanews.com Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) menerima dua ekor anak burung Rangkong Kangkareng Perut Putih (Anthracoceros albirostris) yang diserahkan oleh salah seorang warga Sawah Taruko, Jorong Sago, Nagari Manggopoh, Kabupaten Agam, pada Senin (24/1) malam.

Satwa langka ini diserahkan oleh Riki Rikardo setelah adik iparnya Feri Angriawan menemukan satwa tersebut di lokasi lahan perkebunan kelapa sawit milik Plasma Tiku Lima Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara pada hari Kamis (20/1) dalam sebuah lobang kayu yang telah tumbang.

Riki Rikardo menemukan satu induk dan dua anak burung, telah dicoba melepaskan induknya namun dia tidak kuat terbang karna habis menetaskan telur bulu-bulunya rontok, dan dimasukan lagi ke kandang sementara.

Hasil Observasi diketahui anak burung itu jenis Rangkong kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris) berusia sekitar dua minggu.

Selanjutnya satwa dibawa ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk dilakukan perawatan selanjutnya.

Burung Rangkong kangkareng Perut Putih (Anthracoceros albirostris) termasuk dalam daftar jenis satwa dilindungi di Indonesia.

Apa yang di lakukan riki rikardo juga viral di media sosial seperti istagram @infosumbar salah satu akun mengomentari @ajo_ari_mandai “ondeh… tarimokasih urang elok mantap bana” dan @ulfardhi ” terimakasih orang baik”

scroll to top