Masyarakat Lingkar Tambang Bakal Demo PT. STM dan PT. Vale

IMG-20220519-WA0014-1.jpg

Dompu, NTB BenuaNews.com Belasan Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Hu’u Bersatu (Gema Hu’u) Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu bakal melakukan aksi Demontrasi di PT. Sumbawa Timur Mining (PT STM) dan PT Vale.

Hal tersebut berdasarkan surat pemberitahuan aksi dengan Nomor : 001/GEM/V/2022, tertanggal 19 Mei 2022.

Ketua Gema Hu’u, Muhamad, kepada Media BenuaNews.com mengatakan, ia bersama belasan orang tokoh pemuda  dan tokoh masyarakat lingkar tambang Kecamatan Hu’u mendatangi pihak Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Dompu, guna menyampaikan surat pemberitahuan aksi damai atau demontrasi yang akan dilakukan pihaknya bersama masyarakat.

“Kedatangan saya bersama tokoh pemuda dan tokoh masyatakat Hu’u hari ini di Polres Dompu guna menyampaikan surat pemberitahuan aksi demontrasi saja,” terangnya Muhamad saat dikonfirmasi Media BenuaNews.com di depan Polres Dompu, Kamis (19/5/2022).

Rencana aksi demontrasi berdasarkan surat pemberitahuan ini akan dilakukan pada, Sabtu (21/5/2022) besok, kata Muhamad.

Ia menambahkan, adapun tujuan dari aksi yang dilakukan tersebut, tentu pihaknya ingin menyampaikan beberapa tuntutan, diantaranya yang pertama, mempertanyakan kepada perusahaan tambang perihal status keberadaan dan aktifitas perusahaan tambang.

Kedua, menyampaikan tuntutan dan harapan masyarakat lingkar tambang kepada perusahaan tambang. Dan yang ketiga, meminta pertanggungjawaban perusahaan terhadap dampak lingkungan yang mulai terjadi akibat terjadinya aktifitas tambang yang dilakukan oleh PT. STM dan PT Machmahon sebagai perpanjangan tangan dari PT Vale selama ini.

“Dan kami akan memperjuangkan hak-hak masyarakat lingkar tambang yang diduga diabaikan oleh PT STM dan PT Vale selama ini”.

“In shaa Allah, bersama ribuan massa aksi besok bakal ikut bergabung dalam kegiatan aksi kami, semoga Allah meridhoi perjuangan kami, Allahu Akbar,” terang Muhamad Putra Hu’u ini dengan tegas.

Pantauan langsung wartawan Media Berita Tipikor, usai menyampaikan surat pemberitahuan, masyarakat yang tergabung dalam Gema Hu’u melakukan aksi foto bersama di halaman Pendopo Bupati Dompu dan membentangkan Baliho yang bertuliskan beberapa poin diantaranya,

“Emas 2 Milliar Ton Tapi Kami Lapar”, “PT STM dan PT Vale Stop Drama Korea”,

“Tuan Bupati dan Tuan DPR kalian dimana ? Hutan dan Gunung tempat kami hidup direnggut, ataukah kalian terlalu kenyang sampai lupa kami..?

Dan “Tuntutan Kami Harga Mati”.

Setelah selesai melakukan aksi Foto bersama, mereka (Gema Hu’u) langsung membubarkan diri dengan tertib. [BN].

scroll to top