Hari Jadi Kab.Dompu Ke 207, Bupati Dompu Kader Jaelani. Menjadi Irup dan Inilah Amanatnya

IMG-20220411-WA0058.jpg

Dompu, NTB Benuanews.com Dalam rangka memperingati hari jadi Ke 207 Tahun Dompu 11 April Tahun 2022 di Lapangan Beringin Dompu, dengan tema “melalui hari Jadi Ke 207 tahun mari bangkitkan kebersamaan membangun Jara Pasaka menuju Dompu yang MASHUR”.

Kegiatan upacara hari Jadi Ke 207 Tahun turut hadir Sektaris Daerah (Setda) Dompu., Ketua DPRD Dompu, Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri (PN)., 29 Anggota DPRD Dompu., Ketua Pengadilan Agama (PA)., Dandim 1614) Dompu., Kapolres Dompu., Kasat Detasemen Brimob Dompu., Pimpinan OPD., Anggota DPR RI H. Syafruddin., Perwakilan Gubernur NTB., Bupati Bima., Wali Kota Bima, Camat se Kabupaten Dompu., Lurah/Kades SE Kabupaten Dompu., Pimpinan organisasi vertikal se Kabupaten Dompu., Pimpinan BUMN/BUMD., Kepala Sekolah SMP, SDN se Kabupaten Dompu., Pimpinan Partai Politik dan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita SE Kabupaten Dompu. dimana seluruh peserta upacara memakai pakaian adat Dompu

Dimana Bupati Dompu Kader Jaelani menjadi Inspektur upacara (Irup), dan membacakan Teks Pancasila., Sementara pembaca Teks UUD 1945 di Baca oleh Ketua DPRD Andi Bachtiar Amd, Par., Pembaca Sejarah singkat Dompu di bacakan oleh Sekda Dompu Gatot Gunawan PP SKM, M. Mkes

Sambutan Bupati Dompu Kader Jaelani bahwa dalam hal mendukung perkembangan pertumbuhan daerah Dompu banyak hal yang sudah kita lakukan secara bersama khususnya dalam membangun pertumbuhan kesejahteraan rakyat melalui program unggulan daerah Jara Pasaka menuju Dompu Yang Mashur.

Dimana program tersebut yang akan di kelola secara cerdas mulai dari hulu sampai hilir mulai dari petani, UKM, Koperasi, BUMDes sampai dengan perusahaan daerah. Sehingga tercipta siklus perekonomian kerakyatan yang menguntungkan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai berbasis agribisnis yang berkelanjutan.

Alhamdulillah walaupun pademi Covid-19 pada tahun 2020 yang melanda daerah namun tercatat pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan 4,89% atau naik 1,68% dari 3,21%. Adapun index pembangunan manusia tahun 2020 tercatat sebesar sebesar 67,84 dan meningkatkan sebesar 68,64 poin, pada sektor kesehatan transfelensi stantin pada tahun 2021 tercatat 14, 53 %. Dibandingkan dari pencapaian pada tahun 2020 yaitu sebasar 18, 72%. Peningkatan juga di sektor pendidikan, dan daya kemampuan beli masyarakat terus tumbuh di setuasi negara belum stabil.

“Berkaitan dengan lingkungan hidup pemerintah tetap berkomitmen mengembalikan fungsi hutan dan gunung dari kerusakan melalui program Dompu berjasa dengan ruang terbuka hijau di bendungan Tanju dan Bendungan Mila. Terkait dengan pembangunan pelabuhan Nusantara Kilo saat ini sudah mulai tahap perencanaan penyusunan AMDAL untuk kemudian pekerjaan konstruksinya akan dimulai pada tahun 2023,”

“Di usia kabupaten Dompu yang ke 207 , kita dapat merayakannya dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang mampu kita raih namun tidak sedikit hal hal yang membutuhkan perhatian kita guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik dengan falsafah Nggahi Rawi Pahu.” Tuturnya

Saya sebagai Bupati Dompu mengajak seluruh elemen lapisan masyarakat untuk merapatkan barisan menyatukan hati nurani dan bulatan tekat dengan niat yang tulus ikhlas untuk bersama sama untuk menjaga dan memelihara Bumi Nggahi Rawi Pahu agar tetap kondusif dengan semangat membangun daerah yang melandasi dengan kebersamaan, kekeluargaan, keterbukaan serta saling menghormati. Ajaknya

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Dompu mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi NTB atas kerjasamanya selama ini, dan kepada anggota DPRD Dompu, TNI Polri maupun Forkopimda Kabupaten Dompu saya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi dalam membangun daerah yang kita cintai, dan saya berharap atas kerjasama selama ini agar dapat terjaga demi membangun Kabupaten Dompu yang lebih baik lagi kedepannya. Harapnya Bupati Dompu.
(IMRAN ADV)

(Visited 51 times, 1 visits today)
scroll to top