LITERASI DIGITAL
KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR – PROVINSI SUMATERA SELATAN

IMG_20211106_174558.jpg

Selasa, 09 November 2021, Jam 09.00 WIB

Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar, SE menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar AMAN SAAT BELANJA ONLINE yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Yulianti, M.Pd sebagai Tutor Universitas Terbuka UPPBJ Palembang memaparkan Era revolusi industri 4.0 telah mengubah perilaku masyarakat dalam berbelanja. Pandemi covid-19 yang memaksa semua kehidupan termasuk UMKM dalam ranah digitalisasi. Diperlukan kecakapan dalam bertransaksi jual beli secara daring agar terhindar dari kasus-kasus yang merugikan saat bertransaksi di ranah digital. Kemajuan teknologi dan informasi akibat Globalisasi sangat terasa disemua bidang.

Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan perilaku manusia yang di tuntut untuk bergerak cepat dan kreatif dan manusia dimudahkan dalam beberapa bidang menjadi semakin cepat pelayananya seperti, e-learning, e- commerce, dan lain-lain.

Akan tetapi menjadi masalah jika seseorang tidak bisa menjadikan media dan teknologi yang berkembang pesat untuk tempat yang digunakan merealisasikan ide-ide kreatif maka yang akan terjadi seperti perilaku konsumtif, menurut Nurmuin S.IP.,M.SI Jurnalis/Ketua Bidang Kajian Kebijakan Publik Karang Taruna OKI.

Caesar Demas Edwinarta, S.IP., M.IP sebagai Analis Keimigrasian Ahli Pertama menjelaskan cara aman saat belanja online diantaranya pastikan memilih situs marketplace yang terpercaya, situs marketplace yang terpercaya dilengkapi dengan metode perlindungan yang terjamin keamanannya.

Baca deskripsi produk dengan teliti, pastikan produk yang akan dibeli telah sesuai dengan kebutuhan. Cek riview produk dari pembeli lainnya, pastikan kualitas dan kesesuaian produk berdasarkan riview dari pembeli lain.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Ana Livian sebagai Mom Influencer yang memberikan sharing session, aman saat belanja online pilih pembayaran yang paling aman.

Utamakan cara pembayaran dengan COD jika tidak ada layanan COD pilihan lainnya adalah menggunakan rekening bersama. Usahakan tidak transfer terlebih dahulu, kecuali memang itu adalah online shop yang benar-benar dapat dipercaya.

scroll to top