LITERASI DIGITAL
KABUPATEN MUSI BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN

IMG_20211106_174644.jpg

Selasa, 09 November 2021, Jam 13.00 WIB

Musi Banyuasin – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar PRIVASI DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Jejak digital adalah informasi apapun yang kita tinggalkan tentang diri kita di internet, mulai dari unggahan dan komentar di media sosial, penggunaan aplikasi, email, jejak navigasi GPS, serta situs WEB yang kita kunjungi.

Masifnya pengguna internet dan smartphone, menghasilkan jejak digital jauh lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan sebelumnya, menurut Dr. H. Mansyur Achmad KM., M.Si Dosen IPDN – KEMENDAGRI Jakarta.

Tips bijak mengunduh di internet, berhati-hati saat memilih konten yang ingin di unduh pahami situs tempat menguntuh, mengunduh hanya untuk kebutuhan bukan yang diinginkan sehingga tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain, mengunduh konten yang tidak mengandung unsur pornografi ataupun SARA serta konten hoaks, ujar Eko Hendiyono, S.Tr.M.

Nuar’annafi Farni Syam Mella, M.I.KOM sebagai Dosen Ilmu Komunikasi DR. SOETOMO memaparkan kegunaan media sosial sebagai sarana komunikasi, kegiatan ekonomi-bisnis, dan media pembelajaran.

Bukan hanya itu saja di ruang digital juga terdapat cyber crime diantaranya ancaman online (online threats), penguntit (stalking), penindasan dunia maya (cyber bullying), peretasan (hacking) dan penipuan (fraud), membeli barang ilegal, pembuatan profil palsu (fake profile), dan persahabatan online palsu. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Adhit “Element” sebagai Musisi dan Gitaris Element yang memberikan sharing session, dengan menerapkan cyber security, dapat mengurangi resiko ancaman yang menyasar sistem komputer.

Ada metode ancaman cyber yang perlu diketahui seperti malware, injeksi SQL, dan phishing yang menjadi masalah keamanan paling serius. Tips jika menjadi korban phishing seperti jangan panik dan tetap tenang menghadapi serangan phishing, segera hubungi call center atau datangi kantor dari perusahaan yang asli, laporkan ke polisi agar situs penyamar pelaku phishing segera diblokir, rubah semua password dan login informasi agar tidak disusupi oleh cracker tersebut.

scroll to top