LITERASI DIGITAL KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR – PROVINSI SUMATERA SELATAN

WhatsApp-Image-2021-10-15-at-09.28.41.jpeg

Rabu, 03 November 2021, Jam 09.00 WIB

SUMSEL (benuanews.com) Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Ogan Komering Ulu Timur H. Lanosin, ST menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MEMAHAMI PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN DI RUANG DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Di dalam ruang digital sangatlah penting menjaga keamanan untuk menghindari kejahatan dunia maya yang ada diluar sana untuk melakukan apa saja misalnya mencari uang dan sumber informasi. Menurut Abdul Rahman M.Kom menjelaskan media sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Peran orang tua mengenalkan internet pada usia 2-6 tahun ialah mendampingi anak agar mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus memperkuat ikatan emosional antara anak dan orang tua.

Muhammad Barcenur, S.Pd sebagai Guru SD Negeri 01 Trans Batumarta VII memaparkan peran guru tidak akan digantikan oleh teknologi, tapi seorang guru yang tidak menggunakan teknologi, lambat laun akan tergantikan. Karena tidak relevan dengan kemajuan zaman. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Anna Livian sebagai Mom Influencer yang memberikan sharing session, memahami pentingnya menjaga keamanan di ruang digital pengguna internet tidak hanya kalangan muda dan dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Sebagai orang tua dari anak-anak sebaiknya memahami pentingnya menjaga keamanan di ruang digital.

 

scroll to top