LITERASI DIGITAL KABUPATEN MUSI BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN (12)

literasi-5-5.jpeg

Senin, 18 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB

Musi Banyuasin – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah GubernurProvinsi Sumatera Selatanyaitu, H. Herman Deru, S.H.,yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang LITERASI DIGITAL BEKAL MELAWAN KEJAHATAN RADIKALoleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang musisiyang akan ikut berpartisipasi.

Di era digital yang sudah canggih saat ini, penyebaran informasi menjadi sangat cepat sampai pada masyarakat, tetapi salah satu hal negatif yang paling krusial adalah mudahnya pengguna internet terpapar oleh paham-paham radikalisme yang tersebebar di dunia digital. Menurut Murjaya, sebagai Wakil Ketua III STAI Rahmaniyah, menjelaskan bahwa paham radikal dapat diartikan sebagai pengetahuan pendapat dan pola pikir yang mengacu pada hal-hal mendasar atas berbagai masalah.

Berbagai faktor pemicu radikalisme di antaranya merasakan ketidakadilan, pengaruh lingkungan, pemahaman keagamaan yang dangkal, kesenjangan ekonomi antara kaya dan miskin, serta ketidakadilan global atau mendunia. Menimbulkan sebuah masalah perlu adanya tindakan yang mendidik sebagai filter paham radikal seperti membudayakan membaca denganbijak di media digital, budayakan menyajikan isi bacaan, budayakan semangat persatuan dan kesatuan anak bangsa, dan budayakan dialog yang mendidik dalam forum musyawarah untuk mencapai mufakat dalam merespon pendapat yang beragam di semua unsur anak bangsa.

Selain itu, terdapat tips untuk mengantispasi radikalisme antara lain, teliti keabsahan organisasi, teliti susunan pengurus dan alamat resmi, pelajari agama dengan paripurna pada ahlinya, kenali modus perekrutan gerakan radikal, tolak dengan tegas bila diajak kajian-kajian yang sembunyi-sembunyi, kritis, serta berdialog dengan orang lain bila mendapatkan materi yang sulit dimengerti.

Ditambah hal terpenting yakni tanamkan sikap nasionalisme sebagai wadah untuk anak muda, berdayakan komunitas, pendekatan kearifan lokal, perbanyak kompetisi bakat, dan hidup berkualitas. Salah satu ancaman terbesar bagi kaum muda di situs media sosial adalah jejak digital dan reputasi masa depannya. Maka dari itu, penting untuk dapat membentuk dan menjaga jejak digital, sebaik-baiknya sejauh yang dapat dilakukan.

 

scroll to top