LITERASI DIGITAL KABUPATEN MUSI BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN (27)

Literasi-2-2.jpeg

Kamis, 21 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB

Musi Banyuasin – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah GubernurProvinsi Sumatera Selatanyaitu, H. Herman Deru, S.H.,yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KENALI JENIS APLIKASI TEPAT DAN MENGUNTUNGKAN DI RUANG DIGITALoleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang content creatoryang akan ikut berpartisipasi.

Dalam era serba digital penting untuk mempelajari serta menerapkan berbagai aplikasi dalam perancangan, konten, dan evaluasi sistem operasi. Menurut Ari Utami, sebagai Announcer dan Bisnis Online, menjelaskan saat ini beberapa aplikasi di media sosial menjadi tren di ruang digital bukan hanya sarana komunikasi, tetapi menunjang kegiatan ekonomi dan bisnis. Beberapa media sosial paling popiler di Indonesia seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, Facebook, dan Twitter.Menggunakan media sosial sangat menguntungkan bagi pengguna internet di antaranya pembelajaran, ekspresi kreatif, eksposure global, peluang kerja, dan pemasaran. Dalam mengenali jenis aplikasi yang tepat dapat berkreativitas yang dikembangkan dan ditingkatkan sesuai kemampuan masing-masing individu. Orang yang kreatif dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan. Ada cara mengembangkanya kreativitas untuk konten di media sosial seperti amatilah sesuatu yang dikenal, pertajam pikiran dan kepekaan, ambil sudut padang orang lain, melakukan brainstorming, dan belajar menjadi seorang innovator, selalu mencari, menyesuaikanm serta mengimplementasikan ide-ide.

Tips kenali jenis aplikasi yang tepat seperti pilihlah media sosial yang cocok bagi pengguna internet, usahakan mengerti dan paham untuk apa aplikasi tersebut, lebih baik media sosial yang diikuti untuk mendukung peran sebagai manusia Indonesia yang berkarakter cerdas kreatif, dan usahakan berperan sebagai pencipta dari sekedar pengguna. Ditambah potensi kreatifnya, seseorang dapat menunjukkan hasil perbuatan, kinerja atau karya, baik dalam bentuk barang maupun gagasan secara bermakna dan berkualitas.Media sosial akan menjadi media yang sangat menguntungkan jika digunakan secara bijak dan benar.

 

 

 

scroll to top