LITERASI DIGITAL KABUPATEN BANYUASIN  – PROVINSI SUMATERA SELATAN

Screenshot_2021_1030_212318.jpg

Senin, 08 November 2021, Jam 09.00 WIB

Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H serta Bupati Banyuasin H. Askolani, S.H., M.H menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar BAHAYA KEJAHATAN DI RUANG DIGITAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Adhi Prasnowo, ST., MT., IPM., Asean Eng memaparkan perkembangan teknologi membuat jaringan internet sudah masuk hampir ke seluruh pelosok dunia. Meski demikian, ternyata di Indonesia masih ada wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh internet. Keamanan digital atau cyber security adalah sebuah keamanan yang diaplikasikan pada teknologi informasi.Teknologi informasi yang dimaksud meliputi teknologi yang menyimpan, memanipulasi, atau memindahkan data, seperti komputer, jaringan data, dan seluruh perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan seperti router dan switch.Keamanan digital berfungsi untuk melindungi informasi dari terjadinya tindakan cyber-crime atau cyber-attack, menurut Dionysius Sentausa sebagai Web dan Mobile Developer.

Desab Romadhona, S.Pd Kepala SMPIT Mufidatul Ilmi mengatakan literasi digital merupakan Kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan  kognitif maupun teknikal. Potensi kejahatan cyber crime diantaranya modus pengambil alihan akun atau data pribadi, modus memanipulasi korban tidak sadarmemberikan data pribadi bersifat rahasia, modus penipuan online yang mengarahkan korban untuk klik atau masuk ke situs website palsu, menurut Alex Sander, S.Pd.,M.Pd.Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Inta Oceania sebagai Presenter dan Vlogger yang memberikan sharing session, bahaya kejahatan di ruang digital untuk mencegah terjadinyanya kejahatan diruang digital dengan cara jangan gunakan password yang berhubungan dengan data diri kita dan jangan gunakan password yang sama untuk semua akun. Red 1

scroll to top