LITERASI DIGITAL KABUPATEN BANYUASIN – PROVINSI SUMATERA SELATAN (T1)

Literasi-1-1.jpeg

Rabu, 27 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB

Banyuasin – Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah GubernurProvinsi Sumatera Selatan yaitu, H. Herman Deru, S.H dan Bupati Banyuasin yaitu, H. Askolani, S.H., M.H.,yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang PRIVASI DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Perkembangan teknologi adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam banyak hal perubahan, dibarengi hal itu sebagai pengguna internet penting untuk menajaga privasi dan keamanan di dunia digital.

Menurut Tiro Sancha bakhtiar, sebagai Co Founder Planet Design Indonesia, menjelaskan bahwa dilema di dunia internet perlu dikenali untuk aman terlindungi data dan privasi diri, aktivitas di dunia siber digital itu ada dan sudah umum di ruang digital. Keamanan digital paling minimal dengan merahasiakan yakni kode passoword, nomer identitas, dan nomer kartu kredit. Berikut yang perlu diketahui cara aman menggunakan kata sandi seperti pastikan disekeliling kita tidak ada orang lain ketika membuka kata sandi, menutup layar ketika memasukan kata sandi, dan rutin mengubah kata sandi perangkat digital yang kita gunakan. Selain kata sandi terdapat juga fitur terbaru yakni finger print, fitur ini bekerja dengan cara menyesuaikan sidik jari pengguna ponsel agar  bisa membuka ponsel.

Selain pemaparan di atas yang harus dijaga keamanan privasi di dunia digital iala data pribadi. Umumnya data pribadi merupakan informasi penting tentang seseorang dimana informasi tersebut dapat digunakan untuk tujuan tertentu, sehingga harus dijamin dan dilindungi kerahasiaanya. Ada tips melindungi data pribadi, meliputi selalu cermat dan waspada, aktifkan cyber security, virus screening dan perbarui operasi sistem, etika berdigital, dalami kecakapan literasi digital, tidak mengumbar data pribadi, serta langkah baiknya periksa status rekening bank secara rutin.

 

 

scroll to top