Lahirnya Pendidikan Surau di Sungai Batang Bentuk Kebangkitan Pemuda Minangkabau

IMG-20201213-WA0020.jpg

AGAM (benuanews.com) — Lahirnya Program Pendidikan Surau di Sungai Batang, Langkah Awal Kebangkitan Pemuda, Kegiatan dilaksanakan Sabtu-Minggu (12-13) Desember 2020. Program KPGH (komunitas Pemuda Generasi Hamka) dengan Jorong Batung Panjang.

Melalui Binaan Camat Tanjung Raya, Pak Handria Asmi. Merangkul MTsS Muhammadiyah Sungai Batang, TPA/MDA dan seluruh warga Batung Panjang. Peserta 30 orang pelajar MTsS. Dan bergabung di hari minggu dalam kegiatan didikan subuh gabungan bersama Anak TPA/MDA.

Program Pendidikan Surau berawal diskusi lanjutan Camat Tanjung Raya dengan Kasi Tata Pemerintahan, Bayu Wiranata dan Koordinator/ Ketua KPGH, Rudi Rajo Intan.

Memiliki misi bagaimana Kampung Buya Hamka benar-benar kembali hidup reliqius dan islami seperti cita-cita Inyiak Rasul dan Buya Hamka di Kampung Halamannya.

Menggali dan mengapungkan potensi hebat yang masih terpendam dalam, jauh di diri masyarakat dan jiwanya. Karena dasar pondasi telah dibangun utuh oleh Ulama Besar Buya Hamka beserta nenek moyangnya. Berbagai pelajaran dan peninggalan berupa buku serta catatan lainnya, menjadi sumber hebat yang harus dipelajari, dipahami hingga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Camat Tanjung raya menyampaikan dalam pembukaan acara, sangat kagum Dan bersemangat atas terwujudnya kegiatan tersebut. Kebanggaan telah bisa membina dan merintis pergerakan yang mempelopori kebangkitan pemuda Sungai Batang. Untuk meningkatkan gelora islami dan reliqius, dengan harapan generasi penerus / regenerasinya dapat lebih baik dari generasi tua dan generasi yang hidup saat ini.

Pendidikan Surau sebuah Program yang mencoba mengadopsi Pola-pola “Surau” tempo dulu. Meski zaman tidak bisa kembali seperti masa lalu, namun nilai-nilai positif dan kelebihan pendidikan surau tempo dulu dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Narasumber:

  1. Angku Yus Bandaro Bodi (Angku Yus Datuak Parpatih Guguk), (ABS, SBK)
  2. Ustad Dasri, (Sejarah Buya Hamka dan Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka).
  3. Rudi Yudistira, S.S (Sejarah Islam)
  4. Ayub Sutan Nagari (Guru Silat)
  5. Adri Sutan Siri (Guru Silat).

Tim Yang Terlibat.

  1. Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya.
  2. KPGH Tanjung Raya.
  3. Pemerintah Kenagarian Sungai Batang.
  4. MTsS Muhammadiyah Sungai Batang.
  5. Pengurus dan Guru TPA/MDA Batung Panjang.
  6. Pengurus Masjid Inyiak DR.
  7. Pemuda Muhammadiyah Ranting Batung Panjang.
  8. Aisiyah Ranting Batung Panjang.
  9. Niniak Mamak.
  10. Bundo Kanduang.
  11. Tokoh Masyarakat.
  12. Pemuda-pemudi.
    13.Fajril Dt. Mangkuto Nan Basa, (Jorong Batung Panjang).
  13. Fitra Katik Rajo Mudo Ketua Madani Sungai Batang. (okta)
scroll to top