Kombes Pol Ino Harianto Silaturahmi dan tanam bibit Kurma Di DPP Santri Tani NU, Agro Wisata Palas

IMG-20210802-WA0020.jpg

Pekanbaru -Benuanews.com-DPP Santri Tani NU kembali mendapat kunjungan silaturahmi dari Kombes Pol Ino.Harianto SIK pada Senin(2/8/21) di RA Kopi Aren Agrowisata Palas.

Kunjungan dari Calon Kapolres Bandar Lampung tersebut diterima langsung oleh Ketua Umum DPP Santri Tani NU di Kediaman. Dalam kunjungan pribadi tersebut, terjadi pembicaraan hangat terkait ketahanan pangan Negara termasuk bidang Pertanian.

Setelah perbincangan hangat, seperti biasa yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP Santri Tani NU, disetiap kedatangan sahabat atau pejabat baik Menteri ataupun Tokoh akan di persilahkan untuk melakukan penanaman bibit kurma di areal Agro Wisata RA Kopi Aren.
Dan pada kesempatan hari ini, Kombes Pol Ino Harianto SIK calon Kapolresta Bandar Lampung dipersilahkan untuk menanam bibit Kurma secara simbolik.

Kombes Pol Ino Harianto SIK kepada awak media mengatakan bahwa,” program-program di kota Pekanbaru dapat bermanfaat bagi masyarakat jika tepat sasaran dalam bidang apapun termasuk dalam sektor pertanian yang sesuai dengan program ketahanan pangan dan ketahanan pangan merupakan program Nasional pemerintah yang saat ini di masa pandemi, bagaimana agar ketahanan pangan kita bisa menjadi lebih baik. Masyarakat semuanya dapat diberdayakan. Santri Tani NU sudah memberi contoh nah tinggal bagaimana dari perangkat-perangkat yang ada baik itu di tingkat paling rendah sebagai ujung tombak seperti bhabinkamtibmas RT, RW yang agar terus memberdayakan dan memberi penyuluhan kepada seluruh masyarakat yang tujuan akhirnya akan terbangun suatu ketahanan pangan yang baik. Jadi masyarakat di masa pandemi ini bisa mengelola apa yang dia miliki, sumber daya apa yang dia miliki seperti kalau dia punya olahan sedikit di halaman rumahnya ya bangun atau dia tanam makanan yang bisa dikonsumsi jangka pendek seperti hidroponik sayuran ubi jagung dan lain sebagainya.”

“Hal yang dilakukan oleh Santri Tani ini sangat bermanfaat dan bisa dianggap sebagai percontohan dan untuk di Lampung, kita akan melihat dulu di sana seperti apa yang saat ini sudah berjalan. Nanti sambil berjalan tentunya kita evaluasi kalau baik ya kita pertahankan, kita tingkatkan kalau kurang ya kita cari lagi formula yang tepat supaya bisa masyarakat yang merupakan partner kita dalam mensukseskan program ketahanan pangan di seluruh wilayah.” ucap Kombes Pol Ino Harianto SIK

Lanjut Calon Kapolresta Bandar Lampung lagi, semua ini dapat tercipta dan kontribusi luar biasa berasal dari santri-santri NU wilayah kota Pekanbaru dan provinsi Riau, T.Rusli Ahmad ini luar biasa. Bekerja sama dengan baik bersama aparat kepolisian dan pemerintahan sebagai ujung tombak apalagi terkait vaksinasi, kita dari Kepolisian sesuai instruksi pimpinan yang menyampaikan untuk bekerjasama dengan NU, melakukan vaksinasi terhadap masyarakat atau warga NU maupun masyarakat masyarakat yang ada di sekitaran atau masyarakat tempatan.

Ketua Umum DPP Santri Tani NU T.Rusli Ahmad merasa bangga dengan kehadiran daripada Sahabatnya dan kepada awak media mengatakan bahwa,”Bapak Kombes Pol Ino Harianto SIK di Bandar Lampung juga akan berkoordinasi dengan Santri Tani NU disana.

“Selama ini Bandar Lampung memiliki perkebunan tebu, nanti akan dilakukan dahulu pengecekan tanah, apakah Kurma bisa dikembangkan disana. Itu melihat unsur tanahnya. Jika bisa akan dilakukan penanaman kurma tetapi jika tidak, akan disesuaikan.
Thailand dan Australia merupakan Negara penghasil Kurma yang besar, kenapa Indonesia tidak bisa, Thailand dan Indonesia masih dalam satu kawasan di Asia, nah itulah kenapa kita juga berusaha mengembangkannya di Indonesia, sebagai salah satu sumber peningkatan ekonomi dalam program ketahanan pangan Nasional,” Ucap T.Rusli Ahmad Ketua DPP Santri Tani NU..A-R

scroll to top