UPPKB Lubuk Selasih Kembali Amankan Truk Dengan Buku Kir Palsu

IMG-20210802-WA0047.jpg

Padang, Benuanews,-Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor(UPPKB) Lubuk Selasih kembali mengamankan satu unit truk dengan buku kir palsu.Hal ini terungkap setelah petugas UPPKB Lubuk Selasih memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan sebuah truk yang mengangkut sparepart Senin 2 Agustus 2021.

Kepala UPPKB Lubuk Selasih Firdaus S.Sos dalam keterangannya kepada awak media menceritakan kronologis kejadiannya.Bahwa pada hari Senin 2 Agustus 2021 anggota UPPKB Lb Selasih di bawah pimipinan Firdaus mengadakan kegiatan rutin Gakkum yakni memeriksa setiap kendaraan yang masuk ke jembatan timbang tersebut.

Kemudian masuk sebuah truk dengan plat nomor BK 9112 SG dari arah Solok menuju Padang.Truk yang membawa sparepart kendaraan tersebut kemudian di periksa kelengkapan surat-suratnya oleh petugas UPPKB Lubuk Selasih.

Sewaktu di periksa,petugas menemukan kejanggalan pada buku uji berkala atau buku kir truk tersebut.

Kemudian Firdaus memerintahkan anggotanya untuk mengkorfirmasi ke UPT Pengujian Dinas Kota Medan tempat di mana truk tersebut melakukan uji kir.Ternyata truk tersebut tidak terdaftar uji di tempat tersebut.”Berarti buku kir tersebut palsu”ujar Firdaus.

Sopir truk Doni Panjaitan (37) kemudian menelpon oknum Dinas Perhubungan Kota Medan yang mengurus uji kir truk tersebut.”Saudara harus laporkan petugas tersebut,kalau tidak terpaksa truk saya tahan dan kamu yang akan saya laporkan”ujar Firdaus kepada Doni Panjaitan.

“Saya tidak tau pak,kenapa bisa palsu”ujar warga Bagan Sapta Permai Kec Bagan Sinembah Rokan Hilir Riau ini.Dia mengatakan kalau dirinya hanya sopir dan pemilik kendaraan saudaranya bernama M.Simanjuntak.Sementara buku kir di urus seseorang yang bernama Harahap yang mengaku sebagai pegawai Dinas Perhubungan Amplas Medan.”Kami ketemu di gudang PT Sumber Baru Amplas Medan”ujar Doni.

Petugas terpaksa melakukan penahanan terhadap truk tersebut untuk di proses secara hukum.”Kita terpaksa melakukan tindakan penahanan terhadap truk tersebut untuk di proses secara hukum,”ujar Firdaus.

Bukan sekali ini saja Firdaus bertindak tegas di lapangan.Beberapa waktu yang lalu dirinya juga pernah menahan sebuah truk dengan kasus yang sama.Bahkan Firdaus pernah memotong empat unit truk yang kedapatan melanggar ODOL.

“Kita tidak main-main dalam penegakan hukum”ujar pria yang terkenal tegas di lapangan ini.Siapapun itu,kalau melanggar aturan akan saya tindak tegas,imbuh Firdaus.Dirinya tidak asal omong.Sudah banyak truk yang di tindak selama dirinya menjabat sebagai Ka UPPKB Lubuk Selasih ini.

Firdaus berharap agar petugas yang melakukan pembuatan buku kir palsu ini di tindak dengan tegas.Agar petugas lain takut untuk berbuat hal yang sama.

scroll to top