Ketua Temenggung Adat Kecamatan Pinoh Utara, INTON Berikan Tanggapan Terkait Pembangunan Jembatan Melawi II.

IMG-20220301-WA0058.jpg

Melawi-Kalbar (Benuanews.com), Ketua Temenggung Adat Dayak Kecamatan Pinoh Utara INTON mengatakan jembatan yang merupakan salah satu bagian utama dari jalan, jembatan sangat di perlukan dalam sistem jaringan transportasi darat yang akan menunjang pembangunan pada suatu daerah. Oleh karena itu perencanaan pembangunan jembatan harus di perhatikan seefektif dan seefisien mungkin, sehingga pembangunan jembatan dapat memenuhi keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jembatan. Juma’at (04/03/2022).

Dengan perkembangan zaman maka jembatan tidak hanya di pandang sebagai alat penghubung antara tempat satu dengan tempat yang lain, melainkan sebagai sarana untuk memperlancar kegiatan manusia, penunjang pertumbuhan perekonomian masyarakat, serta membantu berkembangnya suatu daerah yang selama ini sulit
di akses atau sulit untuk dijangkau keberadaannya dikarenakan ketiadaan jembatan sebagai penghubung menuju ke daerah tersebut.

Kabupaten Melawi merupakan satuan dari 11 wilayah Kecamatan yang sudah berupaya melakukan pembangunan proyek infrastruktur, tentu hal ini akan sangat berguna untuk melancarkan transportasi dan untuk meningkatkan lajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Kabupaten Melawi ini banyak terdapat sungai baik itu berukuran kecil maupun yang terbesar adalah sungai Melawi dan Sungai Pinoh serta sungai Belimbing yang menyebabkan terganggunya transportasi darat khususnya untuk melakukan penyeberangan antara satu desa dengan desa lainnya di tiga Kecamatan yang dipisahkan oleh sungai Melawi, sungai Pinoh dan sungai belimbing

Melihat permasalahan yang ada, maka pemerintah membangun jembatan untuk mengatasi masalah yang terjadi di Kabupaten Melawi seperti di Kecamatan Kotabaru – Tanah Pinoh Barat jembatan Pinoh dua, Desa Nanga Kebrak kecamatan Belimbing Hulu yang sudah dimulai bangunan abudmennya dan saat ini akan segera selesai pembangunan jembatan Melawi II menuju akses Kecamatan Pinoh Utara.

Pembangunan jembatan Melawi II ini sudah dapat dipastikan rampung di bulan Maret tahun ini. Dengan selesainya pembangunan jembatan Melawi II ini, sangat diharapkan dapat memberikan dampak atau pengaruh yang positif terhadap kelancaran transportasi serta peningkatan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Pinoh Utara Sehingga pemerintah tidak membangun jembatan ini dengan sia-sia serta tidak menimbulkan manfaat yang signifikan.

Dengan adanya pembangunan Jembatan Melawi II yang menghubungkan Kecamatan Pinoh Utara dengan Kecamatan Nanga Pinoh sebagai pusat kota dan pusat perbelanjaan akan menimbulkan dampak positif pada peningkatan ekonomi masyarak di Kecamatan Pinoh Utara bahkan Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang yang diantaranya adalah mudahnya mengakses beberapa hal sebagai berikut :

Sumber Daya Alam;
Dengan dibangunnya jembatan Melawi II, maka transportasi semakin lancar pula serta sangat membantu masyarakat dalam menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya alam Kabupaten Melawi berada di Pinoh Utara yang dapat dilihat pada perkembangan luas penggunaan lahan berikut

Seiring perkembangan zaman, maka jembatan tidak hanya dipandang sebagai alat penghubung antara tempat satu dengan tempat yang lain, melainkan sebagai sarana untuk memperlancar kegiatan manusia, penunjangan pertumbuhan perekonomian masyarakat, serta membantu berkembangnya suatu daerah yang selama ini sulit untuk diakses. Ucapnya.

INTON, mengatakan Bahwa pembangunan jembatan Melawi II sangat berpengaruh terhadap kegiatan perekonomian masyarakat Kecamatan Pinoh Utara, karena keberadaannya untuk mempermudah melakukan kegiatan perekonomian yaitu lebih leluasa mendistribusikan hasil pertanian atau hasil kebun, hasil tambang dan hasil tambak yang di garap oleh masyarakat untuk di pasarkan keluar Pinoh Utara menuju Kabupaten Melawi bahkan keluar dari Kabupaten dan juga dapat mendorong pertumbuhan dan berkembangan usaha-usaha baru, hal ini terjadi akibat akses jalan sangat mudah untuk di jangkau, Tutupnya. (Jumain/Rabi)

scroll to top